Breaking News:

Iduladha 2021

MUI Kota Tangerang Resmi Larang Salat Iduladha Berjamaah di Tempat Umum

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang resmi meniadakaan Salat Id berjamaah di masjid dan musala pada perayaan Iduladha 1442 H.

Penulis: Ega Alfreda | Editor: Wahyu Aji
TribunJakarta/Ega Alfreda
Suasana pelaksanaan Salat Iduladha 1441 H di Masjid Raya Al-Azhom, Kota Tangerang yang mengalami penurunan jumlah jemaah lantaran pandemi Covid-19, Jumat (31/7/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang resmi meniadakaan Salat Id berjamaah di masjid dan musala pada perayaan Iduladha 1442 H.

Hal tersebut sesuai dengan SE Kementerian Agama No. 17 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Salat Idul Adha, dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan kurban 1442 H/2021 Masehi dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Minggu (18/7/2021).

Kasubag TU Kementerian Agama Kota Tangerang, Samsudin menyampaikan sesuai SE di atas, Kota Tangerang resemi meniadakan Salat Iduladha berrjamaah di masjid, musala atau tempat terbuka.

Karena sangat berpotensi menimbulkan kerumunan.

"Selain peniadaan salat Iduladha di tempat peribadatan, diharapkan kepada pengurus masjid, pelaksanaan kurban diharapkan untuk dilaksanakan pada 11 sampai 13 Zulhijah agar tidak terjadi kerumunan," terang Samsudin saat dikonfirmasi, Senin (19/7/2021).

Namun, kebijakan tersebut bukan dalam arti melarang untuk melaksanakan Salat Iduladha berjamaah.

"Kebijakan ini bukan berarti tidak boleh melaksanakan salat Iduladha, tetapi boleh dilaksanakan bersama keluarga inti di rumah masing-masing," sambungnya.

Baca juga: H-1 Iduladha, Gubernur Anies Minta Warganya Takbiran hingga Salat Id di Rumah

Baca juga: Selama PPKM Darurat, Penjualan Pengusaha Kuliner Terjun 80 Persen

Selain itu, Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang Amin Munawar menegaskan, Salat Iduladha saat pandemi Covid-19 sebaiknya dilakukan di rumah bersama keluarga.

Terlebih, saat ini masih pemberlakuan PPKM Darurat.

"Melihat perkembangan Covid-19 yang masih melanda di Kota Tangerang, maka kami pengurus MUI Kota Tangerang mengajak kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat untuk melaksanakan salat ied di rumah," imbau Amin. (*)

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved