Breaking News:

Iduladha 2021

89 Lokasi di Jakarta Timur yang Gelar Pemotongan Hewan Kurban

Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur masih mendata lokasi tempat pemotongan hewan kurban pada Iduladha 1442 Hijriah.

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Aji
Istimewa
Petugas Sudin KPKP Jakarta Timur saat melakukan pemeriksaan antemortem hewan kurban untuk Iduladha 1442 Hijriah 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur masih mendata lokasi tempat pemotongan hewan kurban pada Iduladha 1442 Hijriah.

Kasudin KPKP Jakarta Timur Yuli Absar mengatakan dari data sementara hingga pukul 07.30 WIB pada Selasa (20/7/2021) tercatat sebanyak 89 lokasi pemotongan hewan kurban.

"Data sementara yang masuk ada 89 lokasi pemotongan, data belum final karena masih ada hari Tasyrik," kata Yuli saat dikonfirmasi di Cakung, Jakarta Timur, Selasa (20/7/2021).

Artinya selama hari Tasyrik yang berlangsung hingga tanggal 13 Dzulhijah atau 23 Juli 2021 mendatang jumlah tempat pemotongan hewan kurban di Jakarta Timur dapat bertambah.

Jumlah 89 lokasi tempat pemotongan hewan kurban tersebut tidak termasuk rumah pemotongan hewan (RPH), hanya lokasi pemotongan yang diselenggarakan warga di 10 Kecamatan.

"Karena kalau RPH dimonitor Dinas KPKP DKI Jakarta, bukan Sudin KPKP Jakarta Timur. Untuk pemeriksaan postmortem hewan kurban kita mulai lakukan hari ini," ujarnya.

Pemeriksaan postmortem merupakan pemeriksaan setelah pemotongan hewan kurban guna memastikan daging dan organ yang dibagikan kepada warga layak konsumsi.

Bila dari pemeriksaan postmortem petugas Sudin KPKP Jakarta Timur ditemukan organ hati, paru, limpa, dan jantung hewan terdapat cacing pita dan penyakit paru maka organ dibuang.

Baca juga: Pedagang Hewan Kurban di Kembangan Gigit Jari, Gara-gara PPKM Darurat Penjualan Anjlok 40 Persen

Baca juga: Viral Sapi Kurban Lepas di Tanjung Priok, Berlarian Kejar Warga di Permukiman

"Untuk petugas yang melakukan pemeriksaan postmortem hewan kurban sebanyak 121 petugas. Terdiri dari petugas Dinas KPKP DKI Jakarta dan Sudin KPKP Jakarta Timur," tuturnya.

Pada Iduladha 1442 Hijriah ini Pemprov DKI Jakarta melarang kegiatan pemotongan hewan kurban digelar di lokasi RT berstatus zona merah penyebaran Covid-19.

Melalui Intruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 43 tahun 2021 diatur bahwa tempat pemotongan hewan kurban harus menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19 meluas.

Warga tidak diperkenankan menyaksikan pemotongan hewan kurban karena menimbulkan kerumunan yang berisiko memicu penularan Covid-19, hanya panitia pemotongan di lokasi.

Pembagian daging hewan kurban juga tidak diambil warga di lokasi, melainkan diantar ke rumah warga secara langsung oleh panitia pemotongan dan Satgas Covid-19 di masing-masing wilayah.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved