Breaking News:

Iduladha 2021

Kelurahan Ciracas Bagikan 1.500 Bongsang ke Panitia Pemotongan Hewan Kurban

ajaran Kelurahan/Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur membagikan ribuan bongsang kepada panitia pemotongan hewan kurban Iduladha 1442 Hijriah.

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Aji
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Proses distribusi daging hewan kurban menggunakan bongsang di kantor Kelurahan Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (20/7/2021).  

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Jajaran Kelurahan/Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur membagikan ribuan bongsang kepada panitia pemotongan hewan kurban Iduladha 1442 Hijriah.

Lurah Ciracas Rikia Marwan mengatakan bongsang untuk wadah daging kurban tersebut diperuntukkan bagi panitia pemotongan hewan pada sejumlah RW yang menyelenggarakan pemotongan.

"Dari Baznas Jakarta Timur kita dapat 1.500 bongsang, ini sudah dibagikan dari hari Minggu (18/7/2021) ke panitia-panitia hewan kurban. Masing-masing RW dapat 150 bongsang," kata Rikia di Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (20/7/2021).

Bongsang yang merupakan anyaman bambu dipilih jadi wadah daging kurban dalam proses distribusi daging ke warga karena lebih ramah lingkungan dibandingkan wadah plastik.

Dalam proses distribusi daging hewan kurban ini masing-masing panitia pemotongan hewan kurban diminta mengantar langsung daging ke rumah warga guna mencegah kerumunan.

"Ini sesuai Intruksi Gubernur‚Äč DKI‚Äč Jakarta Nomor 43 tahun 2021, bahwa tempat pemotongan hewan kurban tidak berada di RT zona merah penyebaran Covid-19 dan daging diantar langsung ke rumah penerima," ujarnya.

Rikia menuturkan hingga siang hari ini tercatat sekitar 10 tempat pemotongan hewan kurban yang tersebar di permukiman warga wilayahnya, termasuk di kantor Kelurahan Ciracas.

Lurah Ciracas Rikia Marwan (baju putih) saat penyerahan bongsang untuk wadah distribusi daging hewan kurban Iduladha 1442 Hijriah di Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (20/7/2021).
Lurah Ciracas Rikia Marwan (baju putih) saat penyerahan bongsang untuk wadah distribusi daging hewan kurban Iduladha 1442 Hijriah di Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (20/7/2021). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Jumlah tersebut masih bersifat data sementara karena dalam Islam pemotongan hewan kurban berlangsung hingga tiga hari selepas hari raya Iduladha sehingga masih dapat bertambah.

"Untuk di kantor Kelurahan Ciracas sendiri kita menyembelih dua ekor sapi dan dua ekor kambing. Dipotong di kantor Kelurahan lalu dagingnya diantar langsung ke panitia pemotongan hewan," tuturnya.

Proses pemotongan empat hewan kurban di kantor Kelurahan Ciracas dilakukan sejumlah anggota PPSU yang sudah memiliki pengalaman jagal di halaman parkir kantor Kelurahan.

Setelah pemotongan daging dipotong-potong dalam sejumlah bagian lalu dikemas di bongsang untuk selanjutnya didistribusikan ke masing-masing panitia hewan kurban di permukiman.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved