Breaking News:

Iduladha 2021

Pemkot Bekasi Layani Pemotongan Hewan Kurban di RPH Bekasi Utara

Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi melayani pemotongan hewan kurban di Rumah Potong Hewan (RPH) Jalan Perjuangan, Kelurahan Harapan Baru

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Wahyu Aji
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Lapak dagang hewan kurban di Jalan Raya Pekayon, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI UTARA - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi melayani pemotongan hewan kurban di rumah potong hewan (RPH) Jalan Perjuangan, Kelurahan Harapan Baru, Kecamatan Bekasi Utara.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Wadi Rimal mengatakan, pelaksanaan pemotongan hewan kurban dilakukan selama tiga hari.

"Kalau untuk pemotongan hewan kurban dilakukan selaman tiga hari, 11 sampai 13 Dzulhijjah 1442 Hijriyah," kata Wadi saat dikonfirmasi, Selasa (20/7/2021).

Di RPH, layanan pemotongan hewan kurban hanya khusus untuk jenis sapi atau kerbau. Panitia kurban di tiap wilayah dapat mendaftar secara langsung ke UPTD RPH Kota Bekasi.

"Kalau untuk sejauh ini yang sudah terdaftar ada 50 ekor, mulai disembelih besok oleh petugas RPH, jadi panitia tinggal mengirim hewan kurban nanti hasilnya baru diserahkan lagi untuk dibagi-bagikan," jelasnya.

Terdapat 30 petugas jagal yang sudah disiapkan khusus layanan pemotongan hewan kurban di RPH Kota Bekasi, mereka seluruhnya sudah diswab agar menjamin dari penularan Covid-19.

"Jadi nanti di RPH tiap sapi atau kerbau dipotong menjadi empat bagian, setelah itu diserahkan ke panitia untuk dicacah dan dibagikan," jelasnya.

Baca juga: Gubernur Anies Minta Pengurus Masjid yang Gelar Salat Iduladha Sadar Rumah Sakit Sudah Penuh

Baca juga: Anies Baswedan Serahkan Sapi Limosin Seberat 1,1 Ton ke RPH Dharma Jaya Penggilingan

Layanan pemotongan hewan kurban di RPH milik Pemkot Bekasi ini dilakukan untuk mengurangi dampak kerumunan di masyarakat ketika proses pemotongan hewan.

"Jadi tujuannya tidak ada pemotongan di DKM (dewan kemakmuran masjid) semua di RPH, artinya membatasi juga kerumun biar gak ada yang lihat pada saat proses potong," jelasnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved