Breaking News:

Iduladha 2021

Pemkot Jakarta Pusat Sebut Sekitar 50 Persen Masjid Gelar Salat Iduladha

Pemerintah Kota mengatakan sekitar 50 persen masjid di Jakarta Pusat tetap menggelar salat iduladha 2021

Editor: Erik Sinaga
TribunJakarta.com/Muhammad Rizki Hidayat
Ilustrasi Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi mengatakan sekitar 50 persen masjid di Jakarta Pusat tetap menggelar salat iduladha 2021. 

TRIBUNJAKARTA.COM-  Sekitar 50 persen masjid di Jakarta Pusat tetap menggelar salat iduladha 2021.

Pemerintah sebenarnya telah memberikan imbauan agar warga tidak salat berjemaah guna menekan laju penyebaran Covid-19 saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Hal itu sesuai Surat Edaran (SE) Menag Nomor 17 Tahun 2021 tertulis tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Salat Idul Adha, dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Qurban 1442

"Kurang lebih masih ada 50 persen tetap gelar salat Id. Padahal sudah ada imbauan dari Gubernur DKI untuk tidak menyelenggarakan salat Id di masjid," kata Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi, Selasa (20/7/2021).

Baca juga: Masjid Sunan Kalijaga TMII Sembelih Puluhan Hewan Kurban pada Iduladha Tahun Ini

Informasi yang didapat jika pelaksanaan salat Iduladha (salat Id) berjemaah lebih banyak digelar di beberapa perkampungan warga atau masjid-masjid yang ada di sekitar permukiman.

Sedangkan masjid-masjid besar telah meniadakan salat Iduladha.

"Iya di Jakarta Pusat ini masjid yang di perkampungan masih tetap gelar salat. Kalau masjid yang besar di sini tidak ada yang gelar," katanya.

Baca juga: Iduladha 1442 Hijriah, 2.564 Hewan Kurban Disembelih di 166 Lokasi di Jakarta Utara

Pemerintah Kota Jakarta Pusat sebetulnya telah melakukan sosialisasi himbauan terkait pelaksanaan salat Idul Adha untuk dilakukan di rumah masing-masing, apalagi mengingat kondisi situasi pandemi Covid-19 ini.

Bahkan sosialisasi ini pun juga melibatkan pihak Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) agar masjid yang ada di Jakarta Pusat tidak menyelenggarakan salat Idul Adha untuk sementara waktu.

Tapi pada kenyataannya sejumlah masjid masih tetap gelar salat.

Baca juga: Silaturahmi Hari Raya Iduladha Kala Pandemi, Begini Siasat Penjaga Gawang Persija Adixi Lenzivio

"Padahal kita sudah himbau agar tidak gelar guna mencegah persebaran virus Covid-19. Tapi memang di lapangan masih banyak yang tetap melaksanakan salat Id," ucapnya.

Penulis: Joko Supriyanto

Artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul 50 Persen Masjid di Jakarta Pusat Masih Gelar Salat Idul Adha, Lebih Banyak di Perkampungan Warga

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved