Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di Bekasi

Salurkan BST dari Rumah ke Rumah, PT Pos Cabang Bekasi Rekrut Tenaga Kerja Sementara

PT Pos Indonesia Cabang Bekasi mengatakan, pihaknya menjamin distribusi bantuan tidak dilakukan secara terpusat guna  menghindari kerumunan.

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Erik Sinaga
Istimewa
Ilustrasi penyaluran BST PT Pos Indonesia Cabang Bekasi mengatakan, pihaknya menjamin distribusi bantuan tidak dilakukan secara terpusat guna  menghindari kerumunan. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - PT Pos Indonesia dipercaya menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk keluarga Penerima Manfaat (KPM) di masa kebijakan PPKM Darurat, distribusi bantuan dilakukan secara langsung dari rumah ke rumah.

Tri Prayugo Utomo Korlap Satgas BST PT Pos Indonesia Cabang Bekasi mengatakan, pihaknya menjamin distribusi bantuan tidak dilakukan secara terpusat guna  menghindari kerumunan.

"Enggak akan ada di RW (penyaluran terpusat) karena kami sudah diperintahkan Kemensos enggak ada yang di RW, sebisa mungkin enggak ada kerumunan," kata Tri.

Untuk itu, PT Pos Indonesia Cabang Bekasi telah merekrut tenaga kerja sementara yang ditugaskan sebagai juru bayar mendiskusikan BST ke rumah-rumag warga.

"Sekitar 200 juru bayar, ada yang pegawai, ada yang kami rekrut dari luar misalnya mahasiswa, kami jadikan jadi tenaga kerja sementara," kata Tri.

Baca juga: Warga Kota Bekasi Penerima BST PPKM Darurat Rp600 Ribu Sebanyak 167.971 Keluarga

Penambahan jumlah pegawai atau petugas ini lanjut dia, untuk mempercepat penyaluran BST serta memastikan pelayanan lain di luar BST tetap terkendali.

"Karena kalau pakai tenaga organik tugas utama kami jadi tercecer, jadi kami modifikasi, mereka (pegawai sementara) kan pernah kami ajak kerjasama pas urus BST sebelumnya, jadi kami panggil lagi," terangnya.

Baca juga: Link Situs Penting Bagi Pasien Covid-19, Bisa Cari Ketersediaan RS, Oksigen hingga Bantuan Sembako

Di Kota Bekasi, jumlah sasaran penerima BST sebanyak 167.971 tersebar di 12 kecamatan wilayah setempat.

Setiap KPM, berhak menerima BST Rp600 ribu terdiri dari bantuan periode Mei dan Juni masing-masing Rp200 ribu.

Penyaluran BST di Kota Bekasi saat ini sudah berjalan, pihaknya tetap berkoordinasi dengan pengurus lingkungan untuk mempermudah mencari alamat penerima manfaat.

Baca juga: Mekanisme Pencairan Bantuan Sosial Tunai Rp 600 Ribu dari Pemprov DKI yang Cair Mulai Besok

"Koordinasi dengan teman-teman di kelurahan, RT dan RW, kesulitannya kadang-kadang ada alamat yang enggak jelas, kalau pun jelas, tapi ada yang malah sudah pindah," jelasnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved