Breaking News:

Virus Corona di Indonesia

Satgas Covid: Desa yang Tidak Patuh Memakai Masker Paling Banyak Terdapat di Banten

Desa atau kelurahan yang tidak patuh memakai masker paling banyak terdapat di Banten

Editor: Erik Sinaga
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ilustrasi Desa atau kelurahan yang tidak patuh memakai masker paling banyak terdapat di Banten 

TRIBUNJAKARTA.COM - 26% desa atau kelurahan di Indonesia tingkat kepatuhan masyarakatnya rendah dalam menjalankan protokol kesehatan memakai masker.

Data tersebut berdasarkan monitoring kepatuhan protokol kesehatan selama satu pekan terakhir.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito mengatakan di Provinsi Jawa dan Bali terdapat desa atau kelurahan yang tidak patuh memakai masker paling banyak terdapat di Banten.

Hal tersebut disampaikan Wiku dalam konferensi pers virtual yang disiarkan di kanal Youtube BNPB Indonesia pada Selasa (20/7/2021).

"Lebih detil lagi pada provinsi Jawa Bali, desa atau kelurahan yang tidak patuh memakai masker paling banyak terdapat di Banten sebesar 28,57%," kata Wiku.

Baca juga: PPKM Darurat Diperpanjang Sampai 25 Juli, Jokowi: Kasus Covid-19 Turun, Bakal Dibuka Secara Bertahap

Sementara itu berdasarkan monitoring kepatuhan protokol kesehatan selama satu pekan terakhir masih terdapat 28% desa atau kelurahan di Indonesia yang kepatuhan masyarakatnya rendah dalam menjalankan protokol kesehatan khususnya dalam menjaga jarak.

Restoran, pemukiman warga, serta tempat olah raga publik, kata dia, menjadi lokasi kerumunan yang kepatuhan masyarakatnya terendah.

Baca juga: Seputar Vaksin Covid-19 Bagi Anak, Cek Syarat Serta Hal yang Perlu Diperhatikan Orang Tua

Sedangkan untuk desa atau kelurahan yang tidak patuh menjaga jarak, lanjut Wiku, DKI Jakarta menjadi provinsi dengan kelurahan yang paling banyak yaitu 48,26% atau hampir setengah kelurahan di DKI Jakarta masyarakatnya tidak patuh dalam menjaga jarak.

Baca juga: Angka Covid-19 Tinggi, Sejumlah Masjid di Jakpus Tetap Gelar Salat Iduladha: Jemaah Sampai Keluar

"Mengacu pada data tersebut maka pengawasan dan tindak tegas pelanggaran protokol kesehatan perlu menjadi salah satu hal penting yang perlu direncanakan dengan matang pelaksanaannya sebelum relaksasi dilakukan," kata Wiku.

Penulis: Gita Irawan

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Satgas Covid-19: Desa atau Kelurahan yang Tidak Patuh Pakai Masker Paling Banyak di Banten

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved