Breaking News:

Info Kesehatan

Jangan Khawatir, Begini Cara Optimalkan Daya Tahan Tubuh Anak di Tengah Pandemi

"Orang tua harus lebih bijak dalam hal meningkatkan daya tahan tubuh anak agar terlindungi dari virus dan tidak menjadi korban di masa pandemi ini."

Editor: Kurniawati Hasjanah
Designed by Freepik
Jangan Khawatir, Begini Cara Optimalkan Daya Tahan Tubuh Anak di Tengah Pandemi 

TRIBUNJAKARTA.COM -  Kementerian Kesehatan mencatat jumlah anak yang positif Covid-19 hingga 13 Juli 2021 sekitar 328 ribu anak berusia 0 – 18 tahun (12,8% dari total kasus terkonfirmasi Covid-19).

Adapun data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mencatat setidaknya 1 dari 8 kasus Covid-19 terjadi pada anak.

Meningkatnya kasus positif Covid-19 pada anak menunjukan bahwa masih ada celah dalam penerapan protokol kesehatan di keluarga, sehingga memberi andil terjadinya penularan virus pada anak.

Oleh karena itu, orang tua memiliki peran sentral dalam melindungi anak dari Covid-19.

dr Muliaman Mansyur, Head of Medical Kalbe Nutritionals mengingatkan setiap orang tua untuk terus menjalankan penerapan protokol kesehatan dan langkah-langkah pencegahan lainnya, agar semua anggota keluarga terhindar dari COVID-19.

”Orang tua harus lebih bijak dalam hal meningkatkan daya tahan tubuh anak agar terlindungi dari virus dan tidak menjadi korban di masa pandemi ini, serta memberikan terus stimulasi yang sesuai dengan usia anak sehingga tumbuh kembangnya dapat terus optimal,” ungkap dr Muliaman pada TribunJakarta, Rabu (21/7).

Ilustrasi
Ilustrasi (Designed by Freepik)

Lebih lanjut, dr Muliaman memaparkan, nutrisi dengan gizi sehat dan seimbang berperan penting untuk mengoptimalkan daya tahan tubuh si kecil.

“Nutrisi dengan gizi sehat dan seimbang berperan penting supaya sel-sel dalam tubuh menjadi lebih baik sehingga kalau ada yang rusak, itu bisa diperbaiki, termasuk sel-sel imun," papar dr Muliaman.

Baca juga: Kenali Beda Terpapar Covid-19 dengan Sakit Tifus, Waspada Gejalanya Mirip

Untuk itu, dr Muliaman membagikan cara untuk mengoptimalkan daya tahan tubuh si kecil yang bisa diterapkan pada orang tua.

"Perhatikan juga nutrisi makro dan mikro pada anak, serta jadwalkan makan yang teratur yaitu 3x makan besar dan jam snacking," terang dr Muliaman.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved