Breaking News:

Iduladha 2021

Satpol PP Jakarta Timur Belum Temukan Pemotongan Kurban di Zona Merah Covid-19

Jajaran Satpol PP Jakarta Timur belum menemukan tempat pemotongan hewan kurban Iduladha 1442 Hijriah

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Aji
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Proses pemotongan daging hewan kurban di Masjid Jami Al-Akhyar, Kelurahan Gedong sebelum didistribusikan ke warga di Pasar Rebo, Jakarta Timur, Rabu (21/7/2021).  

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PASAR REBO - Jajaran Satpol PP Jakarta Timur belum menemukan tempat pemotongan hewan kurban Iduladha 1442 Hijriah yang berada di wilayah RT bersatus zona merah penyebaran Covid-19.

Kasatpol PP Jakarta Timur Budhy Novian mengatakan berdasar hasil pemeriksaan sementara jajarannya di 10 Kecamatan hingga kini tak ditemukan tempat pemotongan di RT zona merah.

"Sepanjang hasil pantauan tanggal 20 dan 21 Juli kemarin relatif aman. Tidak ada di zona merah dan terjadi kerumunan di lokasi pemotongan hewan," kata Budhy saat dikonfirmasi di Pasar Rebo, Jakarta Timur, Kamis (22/7/2021).

Hasil pemeriksaan ini masih bersifat sementara karena pemotongan hewan kurban berlangsung hingga tiga hari selepas hari raya Iduladha, artinya hingga Jumat (23/7/2021) mendatang.

Selama rentan tersebut panitia dilarang melakukan kegiatan pemotongan hewan kurban di satu RT yang terdapat jumlah kasus aktif Covid-19 lebih dari lima rumah guna mencegah penularan meluas.

"Total lokasi pemotongan hewan kurban yang sudah kita periksa sampai sekarang lebih dari 100. Ini lokasinya tersebar di 65 Kelurahan di Jakarta Timur, kita akan terus lakukan pengawasan," ujarnya.

Proses distribusi daging hewan kurban di Masjid Jami Al-Akhyar, Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, Rabu (21/7/2021).
Proses distribusi daging hewan kurban di Masjid Jami Al-Akhyar, Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, Rabu (21/7/2021). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Budhy menuturkan larangan tempat pemotongan hewan kurban Iduladha 1442 Hijriah berada pada RT zona merah Covid-19 mengacu pada Intruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 43 tahun 2021.

Bila ditemukan ada lokasi pemotongan hewan kurban yang berada di RT bersatus zona merah penyebaran Covid-19 maka jajaran Satpol PP Jakarta Timur bakal meminta panitia berpindah lokasi.

"Untuk distribusi daging hewan kurban juga panitia diminta mengantar langsung ke rumah warga penerima. Jadi berkoordinasi dengan pengurus RT/RW setempat terkait warga penerima daging," tuturnya.

Proses pemotongan daging hewan kurban di Masjid Jami Al-Akhyar, Kelurahan Gedong sebelum didistribusikan ke warga di Pasar Rebo, Jakarta Timur, Rabu (21/7/2021). 
Proses pemotongan daging hewan kurban di Masjid Jami Al-Akhyar, Kelurahan Gedong sebelum didistribusikan ke warga di Pasar Rebo, Jakarta Timur, Rabu (21/7/2021).  (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved