Antisipasi Virus Corona di Depok

Mendagri Minta Kepala Daerah Gunakan Anggaran Daerah Untuk Salurkan Bansos

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta seluruh kepala daerah untuk menggunakan anggarannya berkaitan dengan bantuan sosial

Penulis: Dwi Putra Kesuma | Editor: Muhammad Zulfikar
TribunJakarta.com/Dwi Putra Kesuma
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memberikan keterangan pers usai melaksanakan rapat koordinasi dengan Pemerintah Kota Depok di Gedung Balai Kota Depok, Pancoran Mas, Jumat (23/7/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, PANCORAN MAS – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta seluruh kepala daerah untuk menggunakan anggarannya berkaitan dengan bantuan sosial untuk warga selama masa pandemi Covid-19 dan PPKM Level 4 berlangsung.

Tito mengatakan, meskipun ada bantuan sosial dari pemerintah pusat, namun anggaran di daerah baik itu yang bersifat rutin, hingga anggaran belanja tak terduga, dapat segera disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Saya menyampaikan bansos meskipun ada yang dari pemerintah pusat, dari Mensos, BUMN, dan lainnya, tapi saya juga paham sebagai Mendagri bahwa di daerah itu memiliki anggaran untuk bansos. Dari mata anggaran bansos sendiri dan juga yang merupakan reguler rutin, dan juga ada anggaran belanja tak terduga yang bisa digunakan untuk bansos,” ujar Tito di Balai Kota Depok, Pancoran Mas, Jumat (23/7/2021).

“Nah saya memohon, meminta untuk teman teman kepala daerah, kita sharing beban, bagi beban, tidak hanya pemerintah pusat, tapi juga gunakan anggaran yang ada di daerah, dengan mata anggaran yang memang dapat digunakan untuk pemberian bansos,” timpalnya lagi.

Tito meminta, agar anggaran yang ada tersebut dapat segera dibelanjakan, dan disalurkan ke masyarakat luas di masa pandemi dan PPKM level 4 ini.

Baca juga: Rapat Koordinasi dengan Pemkot Depok, Mendagri Tito Karnavian Bahas Pengendalian Covid-19

Baca juga: Penyaluran BST di Bekasi Secara Terpusat Dinilai Lebih Cepat Dibanding Door to Door

Baca juga: Pelanggar Prokes Diusulkan Masuk Penjara, Polisi: Supaya Ada Efek Jera

“Segera untuk belanjakan dan berikan pada masyarakat yang betul-betul memerlukan,” katanya.

Lebih lanjut, Tito mengaku dirinya akn turun langsung ke daerah-daerah yang memiliki anggaran bansos, namun kurang maksimal perihal realisasinya.

“Saya juga akan terus turun ke daerah daerah lain yang saya anggap ada anggaran bansos namun realisasinya rendah, ada anggaran tapi tidak direalisasikan untuk membantu masyarakat,” ungkapnya.

“Nanti saya akan ke Kota Tangerang kota, Kabupaten Tangerang, dan Tangerang Selatan, yang merupakan daerah aglomerasi ibu kota, dan Jawa Tengah juga yang lainnya,” pungkasnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved