Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di Depok

Mendagri Tito Karnavian Minta Kepala Daerah Turun Langsung Berikan Bansos Pada Masyarakat

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta seluruh kepala daerah di Indonesia agar terjun langsung karena pengaruhnya akan sangat besar.

Penulis: Dwi Putra Kesuma | Editor: Muhammad Zulfikar
TribunJakarta.com/Dwi Putra Kesuma
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memberikan keterangan pers usai melaksanakan rapat koordinasi dengan Pemerintah Kota Depok di Gedung Balai Kota Depok, Pancoran Mas, Jumat (23/7/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, PANCORAN MAS – Dalam pemberian bantuan sosial (bansos) ke masyarakat, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta seluruh kepala daerah di Indonesia agar terjun langsung karena pengaruhnya akan sangat besar.

“Saya minta kepala daerah turun langsung, karena daya dukungnya, pengaruhnya ke masyarakat, itu akan lebih terasa dibanding misal kepala Dinsos, atau staf lain yang turun ke lapangan,” ujar Tito saat memberi keterangan pers usai melaksanakan rapat koordinasi di Gedung Balai Kota Depok, Pancoran Mas, Jumat (23/7/2021).

“Jadi kepala daerah saya minta untuk memberi contoh dulu, memberikan bantuan ke masyarakat yang memerlukan baik dalam bentuk tunai dan non tunai sembako,” timpalnya.

Tito juga menegaskan, pemerintah pusat atau pun daerah, tidak akan berhenti untuk terus membantu masyarakat selama masa pandemi Covid-19 dan PPKM level 4 ini.

”Sampaikan pada publik bahwa pemerintah termasuk pemerintah daerah juga bergerak membantu masyarakat,” tegasnya.

Sebelumnya, Tito juga meminta seluruh kepala daerah untuk menggunakan anggarannya berkaitan dengan bantuan sosial untuk warga selama masa pandemi Covid-19 dan PPKM Level 4 berlangsung.

Tito mengatakan, meskipun ada bantuan sosial dari pemerintah pusat, namun anggaran di daerah baik itu yang bersifat rutin, hingga anggaran belanja tak terduga, dapat segera disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Saya menyampaikan bansos meskipun ada yang dari pemerintah pusat, dari Mensos, BUMN, dan lainnya, tapi saya juga paham sebagai Mendagri bahwa di daerah itu memiliki anggaran untuk bansos. Dari mata anggaran bansos sendiri dan juga yang merupakan reguler rutin, dan juga ada anggaran belanja tak terduga yang bisa digunakan untuk bansos,” ucapnya.

Baca juga: Rapat Koordinasi dengan Pemkot Depok, Mendagri Tito Karnavian Bahas Pengendalian Covid-19

Baca juga: Mendagri Minta Kepala Daerah Gunakan Anggaran Daerah Untuk Salurkan Bansos

“Nah saya memohon, meminta untuk teman teman kepala daerah, kita sharing beban, bagi beban, tidak hanya pemerintah pusat, tapi juga gunakan anggaran yang ada di daerah, dengan mata anggaran yang memang dapat digunakan untuk pemberian bansos,” sambungnya lagi.

Terakhir, Tito meminta agar anggaran yang ada tersebut dapat segera dibelanjakan, dan disalurkan ke masyarakat luas di masa pandemi dan PPKM level 4 ini.

“Segera untuk belanjakan dan berikan pada masyarakat yang betul-betul memerlukan,” pungkasnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved