Breaking News:

Usul Satpol PP Akan Jadi Penyidik, Kabid Humas Polda Metro Jaya: Bukan Seperti Polisi Semua Bisa

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus angkat bicara terkait revisi Perda Nomor 2 tahun 2020 tentang penanggulangan Covid-19

Penulis: Annas Furqon Hakim | Editor: Wahyu Aji
TribunJakarta.com/ Satrio Sarwo Trengginas
ILUSTRASI Pihak Satpol PP mandate dan memberikan sanksi ditutup selama 3 hari kepada pihak Tori Bar yang melanggar protokol kesehatan dan tak kooperatif pada Sabtu (19/6/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Annas Furqon Hakim

TRIBUNJAKARTA.COM, KEBAYORAN BARU - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus angkat bicara terkait revisi Perda Nomor 2 tahun 2020 tentang penanggulangan Covid-19 yang diajukan Pemprov DKI Jakarta.

Salah satu pasal dalam draf revisi Perda tersebut adalah memberikan kewenangan kepada Satpol PP untuk melakukan penyidikan.

Menanggapi hal itu, Yusri mengatakan hanya Satpol PP yang memiliki sertifikat Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) yang berhak melakukan penyidikan.

Selain itu, penyidikan yang dilakukan Satpol PP tetap di bawah pengawasan polisi.

"Anggota Satpol PP yang memiliki sertifikasi penyidik PPNS di bawah pengawasan kepolisian, tapi mereka penegak. Penyidik di dalam internalnya," ujar Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (23/7/2021).

Menurut Yusri, penyidikan yang dimaksud berkaitan dengan Perda di daerah masing-masing.

Bukan penyidik seperti di kepolisian.

Baca juga: Oknum Satpol PP yang Ancam dan Intimidasi Pedagang Angkringan di Tangerang Selatan Trantib non-PNS

Baca juga: Pak Wali Kota, Ada Petugas Satpol PP Tangerang Selatan Intimidasi Pedagang Angkringan

"Bukan penyidik seperti polisi yang semua bisa. Dia penegak aturan di dalam perda di daerah masing-masing. Kemarin perda tentang PPKM tentang penanganan operasi yustisi sudah keluar," kata dia.

Sementara itu, Kabid Hukum Polda Metro Jaya Kombes Pol Adi Ferdian Saputra menambahkan, revisi Perda tersebut mempertimbangkan kedisplinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved