Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Warga Ciracas yang Butuh Tabung Oksigen Bisa Lapor ke Kelurahan, Peminjaman Tak Dijatah Per Hari

Satgas Covid-19 Kelurahan/Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur menyediakan tabung oksigen pinjaman gratis untuk warga yang menjalani isolasi mandiri

Penulis: Bima Putra | Editor: Muhammad Zulfikar
Designed by Freepik
Ilustrasi 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Satgas Covid-19 Kelurahan/Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur menyediakan tabung oksigen pinjaman gratis untuk warga yang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Lurah Ciracas Rikia Marwan mengatakan tabung oksigen tersebut dipinjamkan karena dalam beberapa waktu terakhir warga kesulitan mendapat tabung oksigen untuk kerabat yang terkonfirmasi.

"Untuk waktu peminjaman tidak dibatasi per hari, seperlunya warga saja. Untuk peminjaman warga cukup lapor ke Kelurahan, tidak perlu syarat apa pun," kata Rikia saat dikonfirmasi di Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (27/7/2021).

Tabung oksigen pinjaman gratis tersebut dapat diambil warga langsung di kantor Kelurahan Ciracas atau dalam diantar langsung ke rumah warga yang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Sejak pertengahan Juli 2021 lalu hingga kini tercatat sudah ada empat warga Kelurahan Ciracas terkonfirmasi Covid-19 yang meminjam tabung oksigen karena mengalami sesak napas.

Baca juga: Setiap Hari Tersedia 400 Dosis Vaksin Covid-19 di Stasiun Duri Hingga 17 Agustus 2021

Baca juga: BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta Diperluas ke Wilayah PPKM Level 3, Ini Syarat Lengkap Penerima

"Alhamdulillah semuanya sudah pulih dari keluhan sesak napas. Untuk peminjaman tabung oksigen ini sejak kita buka setiap minggunya ada saja warga meminjam, tapi waktunya berjarak beberapa hari," ujarnya.

Dalam penanganan pasien isolasi mandiri Rikia menuturkan pihaknya juga melibatkan Satgas Covid-19 tingkat RT/RW guna memantau kondisi pasien terkonfirmasi Covid-19.

Bila dari hasil pemantauan Satgas dan pihak Puskesmas Kelurahan Ciracas didapati perburukan kondisi maka warga terkonfirmasi Covid-19 itu dirujuk ke RS untuk penanganan lebih lanjut.

"Untuk sekarang kita hanya punya satu tabung oksigen. Tentunya kita berharap tabung ini enggak terpakai dan warga sehat semua. Tapi kita tetap antisipasi kalau warga membutuhkan," tuturnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved