Breaking News:

Gempa M8,1 Guncang Pantai Alaska, BMKG Sebut Tidak Berpotensi Tsunami di Indonesia

Wilayah Pantai Alaska diguncang gempa tektonik pada Kamis (29/7/2021) pukul 13.15.47 WIB. BMKG sebut tak berpotensi tsunami di Indonesia.

Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
freepik
Ilustrasi gempa. Wilayah Pantai Alaska diguncang gempa tektonik pada Kamis (29/7/2021) pukul 13.15.47 WIB. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Wilayah Pantai Alaska diguncang gempa tektonik pada Kamis (29/7/2021) pukul 13.15.47 WIB.

Hasil info pendahuluan BMKG menunjukkan gempa ini berkekuatan M7,8 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M8,1.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 55,77° LU dan 157,97° BB, atau tepatnya berlokasi di Alaska Peninsula, Amerika Utara pada kedalaman 10 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas pada lempeng Alaska," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangan tertulis, Kamis (29/7/2021).

Baca juga: Prediksi Cuaca dari BMKG Besok, Kamis 22 Juli 2021: Waspada Daerah Ini Berpotensi Hujan Lebat

Bambang mengatakan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault ).

"Berdasarkan hasil pemodelan tsunami, gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami di wilayah Indonesia, sehingga BMKG tidak mengeluarkan Peringatan Dini Tsunami," katanya.

Bambang pun memberikan rekomendasi kepada masyarakat Indonesia.

Ilustrasi gempa.
Ilustrasi gempa. (Shutterstock)

Ia mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," kata Bambang.

Baca juga: Kabupaten Tojo Una-una Sulsel Digucang Gempa Magnitudo 6,5, Ini Penjelasan Pakar BMKG

Ilustrasi gempa
Ilustrasi gempa (ISTIMEWA)

Sebelumnya diberitakan, Gempa berkekuatan magnitudo (M) 8,2 tercatat di 104 kilometer sebelah tenggara Perryville, Alaska, tepat di lepas pantai Kepulauan Aleutian.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved