Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Kurang Tenaga Kesehatan, Capaian Vaksinasi Covid-19 di Cakung Baru 40 Persen

Vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, baru sekitar 40 persen, hal itu akibat kurangnya tenaga kesehatan di wilayah tersebut.

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Septiana
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Ilustrasi vaksin Covid-19 - Vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, baru sekitar 40 persen, hal itu akibat kurangnya tenaga kesehatan di wilayah tersebut. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Kurangnya tenaga kesehatan membuat capaian vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Cakung, Jakarta Timur yang bertujuan menciptakan herd immunity atau kekebalan minim.

Camat Cakung Achmad Salahuddin mengatakan hingga kini dari total sekitar 559.040 jiwa warganya di tujuh Kelurahan baru sekitar 40 persen yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19.

TONTON JUGA

"Baru sekitar 40 persen karena kurangnya tenaga kesehatan. Jumlah warga dengan tenaga kesehatan tidak sebanding," kata Achmad saat dikonfirmasi di Cakung, Jakarta Timur, Kamis (29/7/2021).

Tidak sebandingnya jumlah tenaga kesehatan Puskesmas Kecamatan Cakung dengan warga karena hingga kini penduduk Cakung paling banyak di antara 10 Kecamatan se-Jakarta Timur.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat penduduk Kecamatan Cakung pada tahun 2020 sebanyak 559.040, sementara Kecamatan Duren Sawit berada di nomor urut dua dengan jumlah 414.604.

Suasana swab test antigen gratis di wilayah hukum Polsek Cakung. Sebanyak 2 pemudik reaktif Covid-19, Senin (17/5/2021)
Suasana vaksin Covid-19 di Cakung, Senin (17/5/2021) (TRIBUNJAKARTA.COM/NUR INDAH FARRAH)

Selain faktor kepadatan penduduk Cakung tercatat Kecamatan dengan luas wilayah di antara 10 Kecamatan se-Jakarta Timur, berdasar data BPS DKI luasnya mencapai 22 persen wilayah Jakarta Timur

"Saat ini warga mengharapkan sentra vaksinasi didekatkan ke permukiman di lokasi lingkungan RW. Tapi nakes Puskesmas enggak cukup karena harus melakukan tracing, swab, dan melayani warga berobat penyakit lain," ujarnya.

Baca juga: Pesepak Bola Indonesia Mulai Menjerit, APPI Kirim Surat ke Presiden Jokowi: Liga Diharapkan Bergulir

Baca juga: 2 Kali Dapat Teguran Tertulis dari Satpol PP, Warteg Putra Bahari di Rawasari: Kami Buka 24 Jam

Pun di setiap Kelurahan wilayah Cakung terdapat sejumlah sentra vaksinasi massal namun warga tetap berharap vaksinasi dilakukan di permukiman karena lokasinya lebih dekat dan mudah dijangkau.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved