Breaking News:

Virus Corona di Indonesia

Terima Bantuan Apapun, Kebun Binatang Bandung Berencana Jadikan Rusa dan Angsa Sebagai Pakan

Kebun Binatang Bandung mengambil opsi menjadikan rusa dan angsa sebagai pakan karnivora seperti harimau, macan tutul dan singa.

Editor: Wahyu Aji
tribunjabar/istimewa
Koleksi Kebun Binatang Bandung 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman.

TRIBUNJAKARTA.COM, BANDUNG - Manajemen Kebun Binatang Bandung terbuka menerima bantuan dari masyarakat atau pun komintas yang ingin memberikan pakan untuk satwa yang ada di Kebun Binatang Bandung.

Humas Kebun Binatang Bandung, Aan Sulhan mengatakan, hingga saat ini pemerintah belum memberikan bantuan apapun.

Bantuan, kata dia, baru diberikan oleh salah satu supermarket, lembaga pendidikan, dan komunitas.

"Bisa, langsung datang ke kebun binatang nanti sama petugas diarahkan ke dapur. Kita juga terbantu, setiap dua hari sekali kita mendapatkan donasi buah-buahan dan sayuran dari supermarket Yogya itu sangat membantu, kemudian dari Darul Hikam dan Inspira Peduli terus dari para komunitas," ujar Aan, saat dihubungi, Kamis (29/7/2021).

Menurut Aan, saat ini kondisi keuangan Kebun Binatang Bandung hampir mengalami krisis akibat penutupan operasional selama PPKM darurat yang kini dilanjutkan dengan PPKM Level 4.

"Bisnis seperti ini sudah tidak sehat, pengeluaran terus menerus, tapi tidak ada pemasukan sama sekali," katanya.

Baca juga: Ini Wajah Anak Anggota DPRD yang Acungkan Jari Tengah ke Petugas Satpol PP, Kini Polisi Turun Tangan

Pihaknya pun bahkan akan mengambil opsi menjadikan Rusa dan Angsa sebagai pakan karnivora seperti harimau, macan tutul dan singa.

Opsi tersebut menjadi pilihan terakhir jika sampai Agustus-September 2021, Pemerintah belum juga mengeluarkan izin operasional tempat wisata di masa pandemi Covid-19.

"Ya, itu kan skenario terburuknya, karena kan kalau ditutup terus kayak gini pakan satwa tetap harus ada, sebulan itu kita minimal menyiapkan Rp 350 jutaan," katanya.

Menurutnya, jika pemerintah kembali memperpanjang penerapan PPKM level empat sampai Agustus-September, maka Kabun Binatang Bandung akan mengalami krisis keuangan.

"Kita krisis keuangan di September dan sudah mungkin lagi, sekarang saja karnivora makanan utama yang harusnya daging sapi, sdah dimodifikasi sama daging ayam yang lebih banyak," katanya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Keuangan Hampir Krisis, Kebun Binatang Bandung Terbuka Menerima Sumbangan untuk Pakan Satwa

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved