Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di Bekasi

Vaksinasi Covid-19 Anak di Kota Bekasi Dimulai 4 Agustus 2021: Sasaran 108 Ribu Pelajar SMP

Vaksinasi Covid-19 untuk anak pada 4 Agustus 2021 mendatang dengan sasaran 108 ribu pelajar SMP sederajat.

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Erik Sinaga
TribunJakarta/Yusuf Bachtiar
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi, Jumat (30/7/2021). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar.

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi memastikan, pihaknya akan memulai vaksinasi Covid-19 untuk anak pada 4 Agustus 2021 mendatang dengan sasaran 108 ribu pelajar SMP sederajat.

"Barusan kita rapatkan, mau masuk ke 108 ribu vaksin anak umur 12 tahun 17 tahun SMP, nanti tanggal 4 Agustus dikumpulkan di beberapa sekolah," kata Rahmat di Stadion Patriot, Jumat (30/7/2021).

Jumlah sasaran vaksinasi Covid-19 untuk anak ini dilakukan secara bertahap, mengingat jumlah pelajar tingkat SMP sederajat di Kota Bekasi sebanyak 134.000 lebih.

Sedangkan untuk pelajar SMA sederajat, Wali Kota Bekasi masih akan menunggu perintah secara resmi dari Gubernur Jawa Barat.

Baca juga: Wali Kota Bekasi Sebut Wilayahnya Sudah Tidak Relevan Masuk Kategori Level 4 Kebijakan PPKM

Sebab menurut dia, wewenang SMA sederajat selama ini ada pada kebijakan gubernur. Baik itu, kebijakan pengelolaan sekolah serta kebijakan lain yang mengikat.

"Saya kemarin bikin surat karena kewenangan SMA/SMK ada di Pemprov Jabar, kita mau ingin dapat kepastian apakah diserahkan ke pemkot atau nanti gubernur yang nanti langsung melaksanakan di sekolah-sekolah gitu," jelasnya.

Padahal, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum telah mengatakan, program vaksinasi merupakan tanggung jawab pemerintah secara keseluruhan baik tingkat kota atau provinsi.

Baca juga: Wagub Jabar Minta Pemkot Bekasi Atur Juga Pelakasanaan Vaksinasi Pelajar SMA Sederajat

Dia menyebutkan, Wali Kota Bekasi tak perlu membeda-bedakan wewenang terkait program vaksinasi lantaran pemerintah pusat menyebutkan sasaran vaksin anak warga usia 12 - 17 tahun.

"Jadi masalah vaksin di Jawa Barat ini tidak ada peribahasa tanggung jawab kabupaten/kota atau tanggung jawab Jawa Barat," kata Uu dalam keterangannya, Jumat (30/7/2021).

"Begitu juga untuk anak SLTA (SMA) atau SMP. Itu ngga ada. Pokoknya semua masyarakat Jawa Barat yang usianya di atas 12 tahun ini jadi target pemerintah untuk divaksin," tambahnya.

Baca juga: Hakim Vonis Denda Rp 17 Juta Hotel Tempat Juy Putri Gelar Pesta Ulang Tahun di Bekasi

Namun, Wali Kota Bekasi tetap pada keinginannya yang mau menunggu surat balasan Gubernur terkait pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak pelajar SMA sederajat.

"Nanti kalau kita yang melakukan lho ini kota aaah salah lagi. Gitu. makanya kita buat surat ke gubernur apa yang harus kita lakukan," ucap Rahmat.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved