Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Persatuan Perawat Nasional Indonesia Sesalkan Kabar Influencer Dapat Vaksin Covid-19 Dosis Tiga

(PPNI) menyesalkan kabar adanya influencer yang mendapat dosis tiga vaksinasi Covid-19 atau booster di gedung DPRD DKI Jakarta

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Aji
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Ketua Umum PPNI Harif Fadillah (rompi merah) saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di SMKN 24, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (4/8/2021).  

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPAYUNG - Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) menyesalkan kabar adanya influencer yang mendapat dosis tiga vaksinasi Covid-19 atau booster di gedung DPRD DKI Jakarta beberapa waktu lalu.

Ketua Umum PPNI Harif Fadillah mengatakan pihaknya menyesalkan karena hingga kini belum semua tenaga kesehatan mendapat dosis booster yang bertujuan meningkatkan daya tahan tubuh.

"Saya kira iya, kita sesalkan adanya kejadian itu. Bahwasanya nanti apakah seluruh penduduk Indonesia dapat booster itu kebijakan pemerintah," kata Harif di Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (4/8/2021).

Dia meminta pemerintah memprioritaskan tenaga kesehatan mendapat vaksin booster sebagai garda terdepan dalam penanganan pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Pasalnya sejak pandemi melanda tahun 2020 hingga kini jumlah tenaga kesehatan yang meninggal akibat terkonfirmasi Covid-19 terus bertambah karena tingginya risiko dan beban kerja.

"Kenapa nakes jadi prioritas karena berisiko tiga sampai empat kali daripada orang awam karena dia bekerja pada lingkungan yang faktanya bersinggungan dengan pasien Covid-19," ujarnya.

Harif menuturkan dalam pemberian vaksin booster tahap awal ini bahkan tidak semua tenaga kesehatan kebagian, baru yang bertugas menangani pasien Covid-19 mendapat prioritas penyuntikan.

Ini terlihat dari jumlah tenaga kesehatan di Indonesia yang lebih dari 2 juta jiwa, sementara sasaran tenaga kesehatan penerima vaksin booster yang dicatat pemerintah hanya 1,5 Juta.

Baca juga: Pemprov DKI Telusuri Influencer Dapat Vaksin Booster Dosis Ketiga

Baca juga: Ketua DPRD DKI Ogah Lapor Polisi Usai Ramai Kabar Influencer Ngaku Dapat Vaksin Covid-19 Booster

"Nakes kan ada yang bertugas di bagian administrasi tapi statusnya perawat kan enggak dapat (vaksin booster), walaupun catatannya nakes. Prioritas itu mana yang lebih urgent dulu diberikan," tuturnya.

Sebelumnya kabar influencer berinisial T mendapat dosis tiga penyuntikan vaksin Covid-19 di Gedung DPRD DKI Jakarta viral berawal dari postingan foto akun Twitter @cathydjaya pada 27 Juli 2021 lalu

"Temen w cerita (di IG) kalau ada influencer yang dapat vaksis DOSIS KETIGA. INFLUENCER, bukan Nakes. buktinya apa? si influencer nge-post di IG story dia sendiri Wajah tersenyum dengan mulut terbuka dan keringat dingin temen w sempat capture sblm dihapus. btw coba lihat lokasi vaksinnya dimana hehehe hint: government building," tulis akun tersebut.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved