Breaking News:

Damkar Kerahkan Tiga Mobil Pompa Sedot Banjir 50 Cm di Cipinang Melayu

Permukiman warga Kelurahan Cipinang Melayu Jakarta Timur terdampak banjir luapan saluran PHB Sulaiman

Penulis: Bima Putra | Editor: Erik Sinaga
TribunJakarta/Bima Putra
Pengendali Damkar Jakarta Timur Sektor Kecamatan Makasar, Aris Mardiyanto saat memberi keterangan terkait banjir di Jakarta Timur, Kamis (5/8/2021) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, MAKASAR - Permukiman warga Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur terdampak banjir luapan saluran PHB Sulaiman pada Kamis (5/8/2021).

Pengendali Damkar Jakarta Timur Sektor Kecamatan Makasar, Aris Mardiyanto mengatakan banjir mulai merendam permukiman warga RW 02 dan RW 03 sekira pukul 14.00 WIB.

"Ketinggian air sempat mencapai sekitar 50 sentimeter. Setelah terima laporan warga kita langsung kerahkan tiga unit mobil pompa untuk menyedot debit air," kata Aris di Makasar, Jakarta Timur, Kamis (5/8/2021).

Tiga unit mobil pompa Damkar Jakarta Timur itu dikerahkan menyedot debit air dari hilir PHB Sulaiman di permukiman warga Kelurahan Cipinang Melayu lalu dibuang ke aliran Kalimalang.

Baca juga: Hujan Deras Guyur Kota Depok, Ruas Jalan Hingga Kawasan Perumahan Terendam Banjir

Banjir luapan saluran PHB Sulaiman ini imbas hujan deras mengguyur Jakarta Timur sejak pukul 12.00 WIB serta debit air kiriman dari Bogor dan Depok yang juga diguyur hujan deras.

"Dari Sudin Sumber Daya Air Jakarta Timur juga mengerahkan dua unit pompa portabel membantu penyedotan. Setelah satu sampai dua jam disedot air surut hingga ketinggian sekitar 10 sentimeter," ujarnya.

Aris menuturkan hingga pukul 16.30 WIB saat ketinggian air surut jadi sekitar 10 sentimeter peyedotan debit air di permukiman warga Kelurahan Cipinang Melayu masih berlangsung.

Baca juga: Pemkot Jakarta Timur Masih Cari Cara Selesaikan Banjir Luapan PHB Sulaiman

Setelah air berangsur surut warga RW 02 dan RW 03 yang rumahnya terdampak banjir bergegas membersihkan timbunan lumpur dan sampah yang masuk ke rumahnya agar tidak mengeras.

"Penyedotan dilakukan sampai banjir di permukiman warga Kelurahan Cipinang Melayu sepenuhnya surut. Kita sudah beberapa kali melakukan penyedotan banjir di Cipinang Melayu ini," tuturnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved