Breaking News:

Virus Corona di Indonesia

Vaksinasi Covid-19 Bagi Pengidap Kanker Aman, Dokter Onkologi Ungkap Syaratnya

Setidaknya ada dua syarat utama yang intinya terkait dengan kondisi imunitas dan kondisi penyakitnya. 

Penulis: Jaisy Rahman Tohir | Editor: Wahyu Aji
Vaksinasi Covid-19 Bagi Pengidap Kanker Aman, Dokter Onkologi Ungkap Syaratnya
TRIBUNJAKARTA.COM/JAISY RAHMAN TOHIR
Ketua Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia (Peraboi), Walta Gautama, di The Spring Club Summarecon, Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Minggu (8/8/2021).

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir 

TRIBUNJAKARTA.COM, PAGEDANGAN - Ketua Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia (Peraboi), Walta Gautama, menyatakan bahwa vaksinasi Covid-19 bagi pengidap kanker aman, namun dengan sejumlah syarat.

Setidaknya ada dua syarat utama yang intinya terkait dengan kondisi imunitas dan kondisi penyakitnya. 

"Kalau pasien kanker itu tidak dalam kondisi imunitas yang turun, atau tidak sedang menjalani terapi yang menurunkan imunitas, itu sebenarnya tidak berbahaya," ujar Walta pada lokasi vaksinasi Covid-19 di The Spring Club Summarecon, Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Minggu (8/8/2021).

Walta juga menyoroti pendrita kanker darah yang cenderung kondisi imunitasnya turun.

Namun bagi pengidap kanker jenis padat seperti kanker payudara, tiroid, jika kondisinya baik, maka aman untuk vaksinasi.

"Tapi pada kanker-kanker yang solid padat, seperti kanker payudara, tiroid, kalau mereka dalam kondisi baik tidak masalah kalau mereka divaksin."

"Bahkan kalau mereka udah lebih dari tiga tahun atau lima tahun menderita kanker sudah survive, angkanya sama kaya orang normal risikonya," papar Walta.

Pada awal-awal masa vaksinasi, masih banyak pasien kanker yang takut ikut vaksinasi, bahkan tenaga kesehatannya ragu.

Baca juga: Cerita Pengidap Kanker Ikut Vaksinasi Covid-19, Sudah Menunggu Sejak Tahun Lalu

"Kita sudah sering merekomendasikan sebenarnya pasien kanker untuk divaksin, tapi kembali lagi ada dua hal, pasien nya takut, lalu tenaga medis yang akan memvaksin juga ragu. Sehingga angka capaian vaksinasi pasien kanker tidak jalan," ujarnya.

Walta sampai kaget dengan banyaknya pengidap kanker yang ikut vaksinasi Covid-19 di Tangerang kali ini, mencapai 700 orang.

Baca juga: Pertama di Indonesia, Vaksinasi Covid-19 Massal untuk Pasien Kanker Digelar di Tangerang 

Vaksinasi Covid-19 bagi pasien kanker itu menjadi yang pertama kali di Indonesia yang diadakan secara massal dengan jumlah peserta sampai 700 orang.

Kodam Jaya dan Kodim 0510 Tigaraksa menjadi pemrakarsa acaranya, bekerja sama dengan Pemkab Tangerang, Summarecon dan Peraboi.

"Alhamdulillah dengan bantuan banyak pihak bisa berjalan dan mengejutkan kami ternyata peserta untuk pasien kanker sampai 700."

"Jadi saya bilang mungkin lebih digalakkan lagi supaya pasien-pasien kanker untuk vaksinasi, itu saja harapan saya," harapnya. (*)

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved