Antisipasi Virus Corona di Bekasi

Kota Bekasi Nol Zona Merah, Wali Kota Rahmat Effendi Mau Mal Segera Dibuka

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, penurunan kasus ditandai dengan data kerawanan sebaran kasus Covid-19 di tingkat RT nol zona merah.

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Wahyu Aji
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Suasana di Summarecon Mal Bekasi, Selasa (26/5/2020). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Sebaran Covid-19 di wilayah Kota Bekasi mulai melandai meski Pemerintah Pusat menetapkan status kebijakan PPKM Level 4 Hingga 16 Agustus 2021 mendatang.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, penurunan kasus ditandai dengan data kerawanan sebaran kasus Covid-19 di tingkat RT di mana wilayah setempat nol zona merah.

"Kuantitas zona-zona yang ada itu semakin kecil di kuning, semakin besar hijaunya sehingga angka kesembuhan meningkat," kata Rahmat, Kamis (12/8/2021).

Sebagai rincian, zona hijau di Kota Bekasi saat ini sebanyak 6337 RT, dilihat dari tidak ada rumah yang warganya terkonfirmasi positif Covid-19.

Lalu zona kuning sebanyak 795 RT, kriterianya terdapat satu sampai dua rumah warga di lingkup satu RT terdapat kasus Covid-19.

Kemudian zona oranye di Kota Bekasi sebanyak 3 RT, indikatornya terdapat tiga sampai lima rumah warga terkonfirmasi positif Covid-19.

Selanjutnya, RT zona merah di Kota Bekasi per 9 Agustus 2021 nol. Artinya, tidak ada RT di wilayah setempat yang lebih dari lima rumah terdapat warga terkonfirmasi positif Covid-19.

Baca juga: Polres Metro Bekasi Buka Semua Pos Penyekatan

Berdasarkan data tersebut, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mempertimbangkan untuk membuka operasional mal meski status kebijakan PPKM Level 4.

Pertimbangan ini lanjut dia, tetap akan membutuhkan persetujuan pemerintah pusat. Kota Bekasi bakal membuat rencana strategis terkait teknis pembukaan mal.

"Kita lihat, kan syarat mal boleh buka ada lima kalau enggak salah, diantaranya pengunjung anak-anak enggak boleh, lansia juga, nanti kita buat rencana aksinya," tegas dia.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved