Breaking News:

Situs Diretas, KPU Jaktim Belum Laporkan Peretas yang Sebut Pemerintah Berbisnis dengan Covid-19

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jakarta Timur belum memastikan bakal menempuh jalur hukum terkait peretasan situs mereka pada Selasa (17/8/2021).

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Septiana
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Tangkapan layar situs KPU Jakarta Timur saat diretas pada Rabu (18/8/2021) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jakarta Timur belum memastikan bakal menempuh jalur hukum terkait peretasan situs mereka pada Selasa (17/8/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PULOGADUNG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jakarta Timur belum memastikan bakal menempuh jalur hukum terkait peretasan situs mereka pada Selasa (17/8/2021).

Meski identitas peretas mengatasnamakan By Clan_17 yang menyampaikan kritik terkait penanganan pandemi Covid-19 sudah dikantongi berdasar hasil penelusuran.

Ketua KPU Jakarta Timur Wage Wardana mengatakan pihaknya masih menunggu keputusan pimpinan di tingkat Provinsi dan pusat apa bakal melaporkan peretas ke pihak kepolisian atau tidak.

"Kami akan tetap konsul dan meminta arahan dari pimpinan kami di KPU DKI Jakarta dan KPU RI," kata Wage saat dikonfirmasi di Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (19/8/2021).

Untuk sekarang, pihak KPU Jakarta Timur masih fokus melakukan pemulihan laman mereka di https://jakartatimur.kpu.go.id/ yang berhasil dipulihkan dari peretasan pada Kamis (19/8/2021).

Tangkapan layar situs KPU Jakarta Timur saat diretas pada Rabu (18/8/2021).
Tangkapan layar situs KPU Jakarta Timur saat diretas pada Rabu (18/8/2021). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Pasalnya sejak Selasa (17/8/2021) malam hingga Rabu (18/8/2021) situs mereka diretas sehingga tidak bisa menampilkan data dan kegiatan yang dilakukan pihak KPU Jakarta Timur.

"Sejauh ini langkah kami adalah melakukan konsolidasi internal dan pemulihan web yang kena hack."

Baca juga: Sempat Diretas, Situs Resmi KPU Jakarta Timur Sudah Bisa Diakses Sejak Pagi Ini

"Sampai saat ini data aman, tidak ditemukan ada yang hilang," ujarnya.

Situs KPU Jaktim diretas

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved