Breaking News:

Info Kesehatan

Bolehkah Konsumsi Air Kelapa Setiap Hari? Cek Juga Manfaatnya untuk Kesehatan

“Kekurangan cairan otomatis akan menimbulkan masalah pada reaksi-reaksi kimia di semua sistem tubuh, termasuk sistem imun."

Editor: Kurniawati Hasjanah
Designed by Freepik
Bolehkah Konsumsi Air Kelapa Setiap Hari? Cek Juga Manfaatnya untuk Kesehatan 

TRIBUNJAKARTA.COM - Air kelapa dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Hal ini lantaran air kelapa memang mengandung beberapa nutrisi penting, termasuk mineral yang seringkali tidak cukup dikonsumsi kebanyakan orang.

Prof. Dr. dr. Purwantyastuti, MSc, SpFK, pakar farmakologi dari Universitas Indonesia mengatakan, khasiat utama air kelapa sebetulnya ialah untuk mengatasi dehidrasi atau terjadinya kekurangan cairan dalam tubuh.

Saat dehidrasi, masalah-masalah kesehatan lainnya pun akan jadi bermunculan.

“Kekurangan cairan otomatis akan menimbulkan masalah pada reaksi-reaksi kimia di semua sistem tubuh, termasuk sistem imun."

Ilustrasi air kelapa.
Ilustrasi air kelapa. (Shutterstock)

"Rasanya yang lezat dan menyegarkan, membuat air kelapa mudah diminum orang yang sedang sakit, otomatis cairan tubuhnya kembali dan mendorong pemulihannya,” ungkap Prof. Tuti pada Jumat (20/8).

Ketika masuk ke dalam tubuh, air kelapa dan cairan tubuh lainnya menjadi bagian dari darah yang berfungsi membawa oksigen ke sel-sel tubuh yang mana hal ini dibutuhkan oleh sistem kekebalan dan sistem-sistem lainnya di dalam tubuh agar berfungsi dengan baik.

Baca juga: Air Kelapa, Jeruk Nipis & Garam Bisa Sembuhkan Covid-19? Ini Penjelasan Lengkap Dokter

Cukupnya cairan dalam tubuh, diperlukan agar sistem dalam tubuh bisa bekerja dengan baik dalam menghilangkan racun dari tubuh.

Sehingga memang, dengan minum air yang lebih banyak dapat membantu mencegah racun yang menumpuk dan berdampak negatif pada sistem tubuh termasuk sistem imun.

Profesor Tuti mencontohkan konsumsi air kelapa ketika tubuh demam, ia menyebutkan cara ini bisa jadi salah satu trik untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved