Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di Tangerang

Pemkot Tangerang Cuma Bisa Menegur Bila Ada Fasilitas Kesehatan Patok Harga PCR Tinggi

Dinas Kesehatan Kota Tangerang tidak berkutik bila ada fasilitas kesehatan di wilayahnya yang masih mematok harga tinggi soal PCR test

Penulis: Ega Alfreda | Editor: Muhammad Zulfikar
TribunJakarta/Ega Alfreda
Ribuan pekerja di Bandara Soekarno-Hatta yang beresiko tinggi terpapar Covid-19 menjakani tes Swab atau Polymerase Chain Reaction (PCR) Test di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (23/6/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Dinas Kesehatan Kota Tangerang tidak berkutik bila ada fasilitas kesehatan di wilayahnya yang masih mematok harga tinggi soal PCR test.

Sebagaimana diketahui, batas tarif tes PCR kini diatur dalam surat edaran (SE) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Nomor HK.02.02/I/2845/2021.

Plt Kepala Dinkes Kota Tangerang Dini Anggraeni menjelaskan, pihaknya hanya dapat memberikan teguran jika ada fasilitas kesehatan yang belum menyesuaikan tarif tes PCR.

Dinkes tak dapat memberikan sanksi lain lantaran, dalam SE Kemenkes tidak mencantumkan soal sanksi kepada fasilitas kesehatan yang tidak mengikuti aturan tersebut.

"Kalau dari SE memang enggak ada ketentuan mengenai sanksi. Hanya teguran, karena di edaran enggak disebutkan soal sanksi," jelas Dini saat dihubungi, Jumat (20/8/2021).

Tapi, jika masyarakat menemukan fasilitas kesehatan yang belum menyesuaikan tarif tes PCR dapat langsung melaporkan ke Dinas Kesehatan

"Kasi tau ke Dinkes, kan bagian pengawasan ada di kita," singkat Dini.

Baca juga: Masih Banyak Ibu Hamil di Kota Tangerang yang Menolak Divaksinasi Covid-19

Menurutnya, pihak fasilitas kesehatan tidak akan merugi meski terdapat penyesuaian tarif tes PCR.

Pasalnya, lanjut dia, Pemerintah Pusat telah melakukan perhitungan tertentu sebelum menurunkan tarif skrining tes Covid-19 itu.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved