Breaking News:

Rahasia Tetap Aktif Bergerak Saat Lansia, Ini Penjelasannya

Namun, bukan berarti fisik yang tidak seprima dulu menjadi halangan untuk tidak bergerak sama sekali atau hanya duduk-duduk saja.

Editor: Kurniawati Hasjanah
Kontan/Fransiskus Simbolon
Rahasia Tetap Aktif Bergerak Saat Lansia, Ini Penjelasannya 

TRIBUNJAKARTA.COM -  Seiring bertambahnya usia, kekuatan tubuh menjadi berkurang sehingga menjadi alasan untuk membatasi melakukan beragam aktivitas fisik, termasuk olahraga.

Namun, bukan berarti fisik yang tidak seprima dulu menjadi halangan untuk tidak bergerak sama sekali atau hanya duduk-duduk saja.

Alih-alih lemas, tetap aktif bergerak dapat membantu para lansia memiliki tubuh yang kuat, lincah, mandiri, dan sehat, serta memperkuat sistem imun sehingga tubuh mampu melawan infeksi dan virus.

Untuk itu, setiap individu harus mulai peduli dan aktif dengan memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari.

"Memiliki tubuh yang sehat dan fit membuat kita menjadi aktif dan bebas bergerak. Salah satu caranya adalah dengan memenuhi nutrisi setiap hari," ujar Boy Sinaga, Business Unit Coordinator General Adult Nutrition Kalbe Nutritionals pada Senin (23/8).

Boy menilai, dengan tetap sehat dan fit, harapannya orang dewasa dan lansia bisa memiliki daya tahan tubuh yang baik.

Vaksinasi lansia di Kota Bekasi yang berlangsung di Hall Grand Metropolitan Mal, Kamis (25/3/2021).
Vaksinasi lansia di Kota Bekasi yang berlangsung di Hall Grand Metropolitan Mal, Kamis (25/3/2021). (TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR)

Untuk itu, lansia disarankan merasakan kebaikan ekstrak buah zaitun yang bisa membantu memenuhi nutrisi setiap hari melalui susu. 

"Ekstrak buah zaitun merupakan antioksidan kuat yang dapat menangkal radikal bebas 4x lebih kuat dari Vitamin C," imbuh Boy.

Selain itu di tengah pandemi, nutrisi ini juga diharapkan dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat masa pemulihan terutama di masa pandemi ini.

Tak hanya nutrisi, lansia juga bisa menyesuaikan aktivitas fisik dengan usia dan kemampuan diri.

Banyak kegiatan olahraga yang memang cocok dan diperuntukkan bagi lansia yang berintensitas rendah dan minim risiko cedera seperti yoga dan tai chi.

Latihan ini dapat melatih keseimbangan tubuh, serta menjaga kesehatan mental dan emosional.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved