Breaking News:

Seperti Apa Properti yang Dicari Generasi Milenial di Tengah Pandemi?

Beragam insentif dikeluarkan pemerintah untuk menggairahkan kembali sektor ini dan progresnya mulai terlihat.

Editor: Kurniawati Hasjanah
Designed by Freepik
Seperti Apa Properti yang Dicari Generasi Milenial di Tengah Pandemi? 

TRIBUNJAKARTA.COM -  Dikala pandemi yang masih berlangsung, pemerintah menjadikan sektor perumahan sebagai salah satu prioritas untuk dipulihkan karena efek multiplier yang sangat tinggi terhadap sektor lainnya.

Beragam insentif dikeluarkan pemerintah untuk menggairahkan kembali sektor ini dan progresnya mulai terlihat.

Dilansir dari situs Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia (RI), stimulus pajak berupa fasilitas Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) atas properti yang digaungkan melalui Peraturan Menteri Keuangan nomor 103/PMK.010/2021, diperpanjang hingga Desember 2021.

Fasilitas ini diberikan untuk penyerahan rumah tapak baru dan unit hunian rumah susun baru.

Insentif diskon pajak berupa fasilitas PPN DTP diberikan 100 persen untuk rumah atau unit dengan harga jual paling tinggi Rp2 miliar dan 50 persen untuk rumah atau unit dengan harga jual di atas Rp2 miliar sampai Rp5 miliar.

Hal ini mendorong masyarakat kelas menengah untuk terus memanfaatkan secara optimal dan menggairahkan aktivitas sektor perumahan.

Ilustrasi rumah
Ilustrasi rumah (istimewa)

Selain itu, tercatat oleh Kemenkeu RI Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) di triwulan II-2021 juga mengalami akselerasi. Kredit Konsumsi telah mampu kembali tumbuh positif, yaitu Mei 1,3 persen dan Juni 1,9 persen setelah lima bulan sebelumnya tumbuh negatif.

Baca juga: Tips Agar Generasi Milenial Bisa Merdeka Finansial, Ketahui Prioritasmu Yuk!

Kredit Hunian (rumah tinggal, flat dan apartemen) berkontribusi sekitar 33 persen dari total Kredit Konsumsi - menunjukkan progres pemulihan yang positif dan perlu terus dijaga momentumnya.

Perusahaan teknologi yang bergerak di bidang properti (PropTech) terbesar di Indonesia, Lamudi.co.id, juga mencatat tren positif dari pembeli properti di platformnya.

Pencarian properti secara online terus meningkat, keterbatasan mobilitas mengalihkan pencarian dari yang sebelumnya didominasi offline atau secara langsung menjadi online.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved