Bansos

CEK Rekening, BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta Tahap III Segera Dicairkan ke 1,5 Juta Pekerja

Bersiap cek rekening, pemerintah akan salurkan bantuan langsung tunai BLT subsidi gaji atau Bantuan Subsidi Upah (BSU) tahap III.

Editor: Suharno
Tribunnews
Ilustrasi pencairan bantuan langsung tunai BLT subsidi gaji atau Bantuan Subsidi Upah (BSU). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Bersiap cek rekening, pemerintah akan salurkan bantuan langsung tunai BLT subsidi gaji atau Bantuan Subsidi Upah (BSU) tahap III.

Untuk bantuan langsung tunai BLT subsidi gaji atau Bantuan Subsidi Upah (BSU) tahap III akan disalurkan ke 1,5 juta.

Direktur Utama BP Jamsostek Anggoro Eko Cahyo mengungkapkan, pihaknya kembali menyerahkan data calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada Kementrian Ketenagakerjaan akhir pekan lalu.

Pada tahap III ini, sebanyak 1,5 juta data pekerja telah disampaikan, sehingga total data pekerja yang telah disampaikan BPJS Ketenagakerjaan ini mencapai 3,75 juta pekerja, dari target pekerja calon penerima BSU sebanyak 8,7 juta pekerja.

Baca juga: Pemerintah Telah Salurkan BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta ke 2,1 Pekerja dari Target 8,7 Juta Pekerja

"Penyerahan data BSU ini sengaja dilakukan secara bertahap untuk memastikan penyaluran bantuan tepat sasaran, sekaligus meminimalisir terjadinya kesalahan distribusi BSU dengan melalui proses verifikasi bertahap," kata Anggoro dalam siaran pers, Selasa (25/8/2021).

Anggoro mengatakan, BSU tahun 2021 ini disalurkan melalui Bank Himbara sesuai Permenaker 16 tahun 2021.

Penyerahan data tahap III ini diberikan khusus kepada pekerja yang belum memiliki rekening Bank Himbara.

"Khusus pada penyerahan data tahap III ini, data yang diserahkan merupakan data pekerja yang belum memiliki rekening Bank Himbara," jelas dia.

Baca juga: Tanda Jika Kalian Dapat BLT Subsidi Gaji, Bantuan Langsung Tunai Rp 1 Juta Cair ke Rekening

Untuk pekerja yang tidak memiliki rekening Bank Himbara, BP Jamsostek dan Kemnaker akan memfasilitasi pekerja untuk membuka akun rekening bank secara kolektif di Bank Himbara.

Namun hal ini membutuhkan kerjasama dan peran aktif perusahaan untuk membantu mengumpulkan secara kolektif data pekerja yang dibutuhkan, sebagai syarat pembukaan rekening.

Anggoro menjelaskan, melalui kelengkapan data tersebut nantinya pihak HRD perusahaan atau perwakilan pemberi kerja dan tenaga kerja diharapkan segera menyampaikan kelengkapan data melalui koordinasi dengan Kantor Cabang B P Jamsostek setempat atau secara daring.

Anggoro mengingatkan, pemberi pekerja untuk selalu menjaga validitas datanya.

Selain itu para pekerja juga harus selalu memastikan dirinya telah terdaftar di BP Jamsostek, karena secara regulasi, salah satu syarat pekerja calon penerima BSU adalah tercatat sebagai peserta aktif BP Jamsostek periode iuran Bulan Juni 2021.

Baca juga: 4 Hal yang Harus Dilakukan Usai Dinyatakan Lolos Kartu Prakerja Gelombang 18 di www.prakerja.go.id

"Kami harapkan proses penyaluran dan proses verifikasi data dapat berjalan sesuai rencana dan dapat meringankan beban ekonomi pekerja terdampak," kata Anggoro.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved