Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

946 Anak di Kota Bekasi Jadi Yatim Piatu Kehilangan Orangtua Akibat Covid-19 

Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bekasi mencatat, sebanyak 946 anak di wilayah setempat kehilangan orangtua akibat Covid-19.

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Wahyu Septiana
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Komplek pemakaman jenazah Covid-19 di TPU Pedurenan, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bekasi mencatat, sebanyak 946 anak di wilayah setempat kehilangan orangtua akibat Covid-19.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Kota Bekasi Epih Hanafi mengatakan, pihaknya telah menjalankan instruksi Kementerian Sosial (Kemensos) terkait pendataan anak terdampak pandemi.

Salah satunya mendata anak yang kehilangan orangtua akibat Covid-19, di Kota Bekasi hingga 23 Agustus 2021 tercatat 946 anak menjadi yatim piatu hingga ada yang berstatus yatim piatu.

"Kita sudah berkoordinasi ke kelurahan, kecamatan, lalu ke Dinkes (Dinas Kesehatan), terkumpul data dari 12 Kecamatan di Kota Bekasi ada 946 anak (kehilangan orangtua)," kata Epih, Jumat (27/8/2021).

Dia menambahkan, pihaknya akan menindaklanjuti data yang sudah terkumpul untuk disampaikan ke Kemensos.

"Data yang sudah terkumpul ini merupakan hasil verifikasi lapangan melibatkan petugas Pamor kelurahan, TSKS dan PSM di wilayah masing-masing, serta camat juga sudah menandatangi langsung berkas hasil verifikasinya," jelas dia.

Komplek pemakaman jenazah Covid-19 di TPU Pedurenan, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi.
Komplek pemakaman jenazah Covid-19 di TPU Pedurenan, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi. (TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR)

Sebagai rincian, wilayah kecamatan dengan jumlah anak kehilangan orangtua paling banyak berada di Medan Satria dengan 225 anak.

Kemudian disusul Pondok Gede dan Kecamatan Bekasi Timur dengan 112 anak, Kecamatan Mustikajaya 98 anak, Bekasi Selatan 64 anak dan Bekasi Barat 63 anak.

Baca juga: Orangtua Meninggal karena Covid-19, 7 Anak Yatim Piatu Dapat Bantuan dari Kementerian PPPA

Dari jumlah tersebut, ada anak yang kehilangan salah satu orangtuanya adapula yang kehilangan kedua orangtuanya sekaligus akibat Covid-19.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved