Antisipasi Virus Corona di DKI

Percepat Vaksinasi di Kelurahan yang Capaiannya Masih 60 Persen, Pemkot Jakut Bentuk 10 Tim Nakes

Pemerintah Kota Jakarta Utara membentuk tim khusus tenaga kesehatan (nakes) untuk mempercepat vaksinasi Covid-19.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino | Editor: Wahyu Aji
ISTIMEWA
Acara pembentukan tim nakes yang bakal dikerahkan dalam percepatan vaksinasi Covid-19 di kelurahan-kelurahan dengan capaian masih 60 persen, Sabtu (28/8/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Pemerintah Kota Jakarta Utara membentuk tim khusus tenaga kesehatan (nakes) untuk mempercepat vaksinasi Covid-19.

Tim nakes tersebut akan dikerahkan menyasar kelurahan-kelurahan yang capaian vaksinasinya masih di angka 60 persen. 

Sekretaris Kota Jakarta Utara Abdul Khalit mengatakan, pihaknya berkolaborasi dengan sejumlah organisasi profesi.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) termasuk beberapa organisasi profesi yang digandeng untuk mendukung percepatan vaksinasi Covid-19 di wilayah Jakarta Utara. 

"Kami menggandeng organisasi profesi untuk menghadirkan nakes yang membantu percepatan vaksinasi di kelurahan yang capaian vaksinasinya masih 60 persen," kata Khalit, Sabtu (28/8/2021).

Khalit mengatakan, berdasarkan hasil kolaborasi, terbentuk 10 tim berisi 30 nakes yang akan melakukan percepatan vaksinasi di beberapa kelurahan.

Adapun wilayah yang disasar meliputi Kelurahan Penjaringan, Kalibaru, Tugu Selatan, Tugu Utara, Rawa Badak Utara, dan Rawa Badak Selatan. 

"10 tim vaksinasi Covid-19 akan menyerbu ke lingkungan RT/RW yang capaiannya belum maksimal. Kita manfaatkan momen kasus sedang landai dengan meningkatkan kegiatan vaksinasi di sejumlah lokasi," kata Khalit.

Serbuan vaksinasi ini berlangsung mulai hari ini dan akan berlanjut hingga tujuh hari ke depan.

Sementara itu, Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Sudin Kesehatan Jakarta Utara, dr. Arief Wahyudi menambahkan, satu tim vaksinasi yang dikerahkan terdiri dari satu dokter, satu bidan, dan satu perawat.

Diharapkan tim yang dibentuk ini mampu dengan cepat meningkatkan capaian vaksinasi di kelurahan-kelurahan tersebut.

"Adanya bantuan SDM nakes diharapkan dapat menambah cakupan sasaran vaksinasi di kelurahan yang capaiannya masih 60 persen," ucapnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved