Duduk Perkara Tina Toon Digugat Pencipta Lagu Sebesar Rp10,7 Miliar, Reaksi Sang Anggota DPRD DKI

Agustina Hermanto yang akrab disama Tina Toon digugat pencipta lagu sebesar Rp 10,7 miliar ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat. Begini duduk perkaranya.

Penulis: Ferdinand Waskita | Editor: Yogi Jakarta
TribunJakarta.com/Pebby Adhe Liana
Agustina Hermanto yang akrab disama Tina Toon digugat pencipta lagu sebesar Rp 10,7 miliar ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Agustina Hermanto yang akrab disama Tina Toon digugat pencipta lagu sebesar Rp 10,7 miliar ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.

Pencipta lagu bernama Engkan Herikan yang menggugat anggota DPRD DKI Jakarta dan mantan penyanyi cilik tersebut terkait kasus pelanggaran hak cipta.

Engkan Herikan merupakan pencipta lagu Bintang.

Berikut duduk perkara Tina Toon digugat oleh pencipta lagu sebesar 10,7 miliar dikutip dari Tribunnews.com.

Lagu Bintang yang diciptakan Engkan Herikan dan dipopulerkan grup band Anima itu dinyanyikan oleh Tina Toon tanpa sepengetahuan Engkan Herikan.

Baca juga: Tolak Sanksi Pidana, Tina Toon Usul Pelanggar Prokes Jadi PPSU Tanpa Dibayar

Hal itu diketahui dalam video yang diunggah di kanal YouTube KH INFOTAINMENT, Sabtu (28/8/2021).

Kuasa hukum Engkan, Muhammad Iqbal Arbianto, membenarkan adanya gugatan yang dilakukan kliennya terhadap Tina Toon dan rekan-rekannya terkait hak cipta lagu Bintang.

Iqbal mengungkapkan lagu Bintang telah diubah nama penciptanya menjadi pihak lain, bukan Engkan Herikan.

Tina Toon, anggota DPRD DKI terpilih periode 2019-2024 saat ditemui di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (23/8/2019).
Tina Toon, anggota DPRD DKI terpilih periode 2019-2024 saat ditemui di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (23/8/2019). (TRIBUNJAKARTA.COM/DIONSIUS ARYA BIMA SUCI)

"Jadi memang benar kami mewakili klien kami, Engkan Herikan telah mengajukan gugatan perbuatan melawan hukum di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat terhadap beberapa orang," kata Iqbal.

"Intinya klien kami merasa dirugikan karena lagu yang diciptakan oleh klien kami, lagu Bintang," tambah Iqbal.

"Yang dipopulerkan oleh band Anima dibawakan dan diubah nama penciptanya, yang seharusnya klien kami, Engkan Herikan, diubah menjadi nama pihak lain," tuturnya.

Baca juga: Nilai Jelek, Tina Toon Nangis dan Bikin Orangtua Panik: Dari SD Aku Ranking 1 Terus

Selain Tina Toon, Engkan Herikan juga mengggugat pihak lain.

Pihak tersebut adalah Basia Roulette, Baros Roulette, Ian Juanda, Andri Anima, Universal Music Indonesia, Sony Music Indonesia, dan WAMI.

"Jadi pihak yang digugat ini ada beberapa. Jadi pertama itu adalah Basia, ada Baros Roulette terus ada Pak Ian," ungkap Iqbal Arbianto.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved