Breaking News:

Berlaku Mulai Besok, Pelanggar Ganjil Genap di Jakarta Bakal Ditilang Polisi

Tilang ganjil genap mulai berlaku 1 September 2021 besok. Tilang akan berlaku bagi pejabat TNI atau Polri sekalipun yang menggunakan plat hitam.

Tribunnews.com/Irwan Rismawan
Papan pemberitahuan sistem plat nomor kendaraan ganjil genap saat hari pertama pemberlakuan peraturan pelat nomor ganjil-genap di Bundaran Senayan, Jakarta, Selasa (30/8/2016). 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Tilang ganjil genap mulai berlaku 1 September 2021 besok. Tilang akan berlaku bagi pejabat TNI atau Polri sekalipun yang menggunakan plat hitam.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pada Senin (30/8/2021) malam pemerintah resmi memperpanjang PPKM level 3 di DKI Jakarta.

Dimana PPKM level 3 akan berlangsung hingga 6 September 2021 mendatang.

Sampai saat ini kata Sambodo, pihaknya masih memberlakukan ganjil genap di tiga ruas jalan DKI Jakarta.
Ketiga jalan itu yakni Jalan Sudirman, Jalan Thamrin, dan Jalan Rasuna Said.

"Mulai minggu ini kami akan lakukan penindakan dengan tilang," ujar Sambodo di Mapolda Metro Jaya, Semanggi, Jakarta Selasa (31/8/2021).

Kata Sambodo, penindakan tilang akan dilakukan baik dari kamera ETLE ataupun oleh petugas yang berjaga di lokasi ganjil genap.

Baca juga: PPKM DKI Turun Level 3 Jadi Alasan Ganjil Genap Cuma Diterapkan di Tiga Ruas Jalan Ini

Ia memastikan tilang ganji genap PPKM level 3 akan berlaku bagi seluruh plat hitam. Termasuk instansi TNI Polri yang tidak menggunakan plat mobil dinas.

"Jadi kalau instansi mau lewati ganjil genap maka silakan gunakan plat dinas masing-masing baik itu plat merah maupun plat dinas TNI Polri atau plat instansi lainnya," ungkap Sambodo.

Ganjil genap tidak berlaku bagi plat kuning atau angkutan umum, plat merah angkutan dinas, ataupun mobil dinas operasional yang menggunakan plat dinas TNI dan Polri.

Suasana penindakan ganjil genap di Jalan Gunung Sahari Raya, Pademangan, Jakarta Utara, Senin (10/8/2020)
Suasana penindakan ganjil genap di Jalan Gunung Sahari Raya, Pademangan, Jakarta Utara, Senin (10/8/2020) (TribunJakarta/Gerald Leonardo Agustino)

Selain itu kendaraan yang menggunakan daya tenaga listrik, kendaraan roda dua, kendaraan darurat seperti ambulan, pemadam kebakaran, dan kepolisian tidak terkena ganjil genap.

Ganjil genap akan berlaku sedari pukul 06.00 WIB sampai 20.00 WIB.

"Jadi selama menggunakan plat hitam sama kedudukan di muka hukum semua kena kebijakan ganjil genap," tuturnya.

Artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul Tilang Ganjil Genap Berlaku Besok, Tak Terkecuali Bagi Pejabat TNI dan Polri

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved