Antisipasi Virus Corona di DKI

Jakarta Timur Bebas Zona Merah, Wali Kota Ingatkan Covid-19 Masih Ancaman

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengimbau warganya mematuhi protokol kesehatan meski saat ini wilayahnya terbebas dari zona merah

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Aji
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar saat memberi keterangan di Pasar Bali Mester Jatinegara, Minggu (31/1/2021).  

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengimbau warganya mematuhi protokol kesehatan meski saat ini wilayahnya terbebas dari zona merah Covid-19.

Anwar mengatakan terbebasnya 10 Kecamatan di Jakarta Timur yang dihuni lebih dari 3 juta jiwa penduduk dari zona merah penyebaran Covid-19 bukan berarti pandemi Covid-19 berakhir.

"Alhamdulillah 10 Kecamatan di Jakarta Timur sudah tidak ada yang jadi zona merah. Tapi kita selalu edukasi dan sosialisasi warga agar taat prokes," kata Anwar saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Selasa (31/8/2021).

Pasalnya Covid-19 cepat dan mudah menular lewat droplet atau partikel air liur saat berbicara, batuk, bersin, dan lainnya, terlebih saat melakukan kontak erat tanpa adanya jaga jarak.

Warga juga diimbau tetap mematuhi protokol kesehatan karena varian baru Covid-19 yang lebih mudah menular, di antaranya varian Delta sudah ditemukan di wilayah DKI Jakarta.

"Warga sebaiknya tetap di rumah. Karena Jakarta Timur ini sangat rawan (penularan Covid-19), wilayah perbatasan di DKI Jakarta dengan Bekasi, Bogor, dan Depok sehingga banyak dilintasi warga," ujarnya.

Baca juga: PPKM di Jakarta Turun ke Level 3, Wagub DKI: Zona Merah Covid-19 Hanya Tinggal 1 RT 

Anwar menuturkan upaya lain yang dilakukan guna mencegah penularan Covid-19 meluas yakni dengan menggencarkan vaksinasi Covid-19 guna menciptakan kekebalan komunal.

Tidak hanya membuat sentra vaksinasi massal Covid-19 di Puskesmas, pihaknya bekerja sama dengan TNI-Polri hingga pihak swasta untuk meningkatkan capaian vaksinasi Covid-19.

"Pemerintah Kota Jakarta Timur telah menyediakan sentra vaksinasi Covid-19 yang digelar sehingga bisa menjangkau seluruh warga," tuturnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved