Sambut Peringatan Hari Rabies Dunia, Dinas KPKP Gelar Sterilisasi Hingga Vaksinasi Hewan Peliharaan

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta menggelar rangkaian program dalam menyambut peringatan Hari Rabies Sedunia

Penulis: Pebby Ade Liana | Editor: Wahyu Aji
TribunJakarta.com/Leo Permana
ILUSTRASI Seekor anjing saat divaksinasi oleh pihak Dinas KPKP di Kelurahan Mangga Dua Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (8/1/2019). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta menggelar rangkaian program dalam menyambut peringatan Hari Rabies Sedunia pada September 2021 ini.

Rangkaian program tersebut, meliputi sterilisasi bagi kucing berpemilik dan tidak berpemilik, vaksinasi rabies, komunikasi informasi dan edukasi terkait penyakit rabies kepada siswa dan masyarakat umum, bulan adobsi hewan penular rabies, serta pelayanan kesehatan hewan yang bisa diikuti secara gratis.

"Rangkaian kegiatan tersebut sudah mulai tanggal 2 Agustus sampai dengan 30 September 2021 dengan berlokasi di 5 wilayah kota administrasi dan Kabupaten Kepulauan Seribu," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati dihubungi, Kamis (2/9/2021).

Eli mengatakan, rangkaian program tersebut merupakan kegiatan kolaborasi dari Pemprov DKI Jakarta bersama dengan sejumlah stakeholder dan praktisi kesehatan hewan.

Seperti Kementerian Pertanian, PDHI Cabang DKI Jakarta, dokter hewan praktisi, komunitas penyayang binatang, Asosiasi Obat Hewan Indonesia (ASOHI), perusahaan obat hewan hingga perusahaan pakan hewan, serta lintas sectoral yang bertujuan memberikan pelayanan kesehatan hewan serta edukasi kepada masyarakat. 

Rangkaian acara tersebut sudah dilaksanakan mulai tanggal 2 Agustus lalu hingga 30 September mendatang.

Menurut Eli, untuk kegiatan vaksinasi rabies sendiri ditargetkan akan menyasar kepada hewan penular rabies sebanyak 3.000 ekor. Seperti anjing, kucing, musang, dan kera.

Sementara target sterilisasi untuk kucing berpemilik dan tidak berpemilik sebanyak 1.500 ekor di 5 wilayah kota administrasi dan Kabupaten Kepulauan Seribu. 

Bagi yang berencana ingin memiliki hewan peliharaan, juga dapat mengikuti program bulan adopsi hewan penular rabies yang diselenggarakan Dinas KPKP.

Anda dapat mengadopsi hewan tak berpemilik yang sudah diselamatkan serta dirawat di shelter Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan dan shelter-shelter swasta mulai tanggal 1-30 September 2021 dengan syarat dan ketentuan khusus.

Sedangkan untuk pelayanan kesehatan hewan dilaksanakan secara drive thru pada tanggal 28 September 2021.

"Puncak Acara akan dilaksanakan pada tanggal 28 September 2021 di Taman Impian Jaya Ancol, diawali dengan acara street feeding bersama siswa SD, simbolis adopsi HPR dan kegiatan lainnya. Semua kegiatan dilaksanakan dengan prokes Covid-19," kata Eli.

Adapun sejumlah kolaborator yang terlibat pada rangkaian ini antara lain mulai dari PDHI Cabang DKI Jakarta, 45 klinik hewan, 11 komunitas penyayang binatang, 12 perusahaan obat hewan, dan 19 perusahaan pakan hewan.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved