Breaking News:

Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan Masuk Jajaran 50 Desa Wisata Terbaik dari Kemenparekraf

Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, masuk ke dalam jajaran 50 besar Anugerah Desa Wisata dari Kemenparekraf 2021

Penulis: Pebby Ade Liana | Editor: Wahyu Septiana
TRIBUNJAKARTA.COM/PEBBY ADHE LIANA
Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, masuk ke dalam jajaran 50 besar Anugerah Desa Wisata dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) 2021. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, masuk ke dalam jajaran 50 besar Anugerah Desa Wisata dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) 2021.

Anugerah Desa Wisata tersebut, merupakan penghargaan yang diberikan kepada desa wisata yang memiliki prestasi dalam kriteria-kriteria tertentu.

Penghargaan ini diberikan dengan tujuan menjadikan desa wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan memiliki daya saing yang tinggi.

"Hari ini saya resmikan (Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan) sebagai 50 desa wisata terbaik. Ini adalah desa wisata ketujuh yang kami kunjungi dari 50 desa wisata terbaik," kata Kemenparekraf RI Sandiaga Uno di Setu Babakan, Jumat (3/8/2021).

Sandi mengatakan, 50 besar desa wisata terbaik telah dipilih berdasarkan dengan 7 kriteria penilaian.

Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, masuk ke dalam jajaran 50 besar Anugerah Desa Wisata dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) 2021.
Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, masuk ke dalam jajaran 50 besar Anugerah Desa Wisata dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) 2021. (TRIBUNJAKARTA.COM/PEBBY ADHE LIANA)

Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan sebagai salah satu tempat wisata budaya di Jakarta, telah berhasil memenuhi 7 kriteria tersebut dengan nilai yang cukup baik.

Antara lain berbasis CHSE yaitu kebersihan atau Cleanliness, Kesehatan atau Health, Keamanan atau Safety, dan Kelestarian Lingkungan atau Environmental Sustainability, potensi dan daya tarik wisata, homestay, souvenir, desa digital, hingga toilet.

Baca juga: Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan Jadi Tempat Vaksinasi Covid-19 Hingga 16 Agustus Mendatang

"Jadi kita mendeklarasikan Desa Wisata Perkampungan Betawi ini, sebagai simbol kebangkitan ekonomi nasional," kata Sandi.

Untuk diketahui, Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan merupakan salah satu destinasi wisata di Jakarta yang kental dengan beragam budaya Khas Betawi

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved