Breaking News:

Tinjau Isolasi Apung Terpusat, Menko Airlangga Apresiasi Penanganan Covid-19 di Papua Barat

Menko Airlangga mengatakan, penanganan isolasi terapung di KM Sirimau yang berkapasitas 460 tempat tidur itu sangat baik

Istimewa
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto mengapresiasi penanganan Covod-19 di Kota Sorong, Papua Barat.

Hal ini disampaikan Airlangga saat meninjau secara langsung ke lokasi Isolasi Apung Terpusat (Isoter) KM Sirimau di Kota Sorong, Jumat (3/9/2021).

"Kami ke Sorong karena penanganan Covid-19 relatif baik. Secara nasional angka positivity rate atau tingkat kasus positif di Kota Sorong 1,9 sudah di bawah 5 persen standar minimal secara global. Angkat kasus aktif, kematian, dan pasien dirawat sudah di bawah standar nasional,” kata Menko Airlangga yang didampingi oleh Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang.

Lebih lanjut, Menko Airlangga mengatakan, penanganan isolasi terapung di KM Sirimau yang berkapasitas 460 tempat tidur itu sangat baik. Saat ini hanya ada 5 pasien menjalani isolasi apung tersebut.

"Jadi penanganannya sudah baik. Diharapkan semua kota bisa mengikuti," ungkap Menko Airlangga.

Dalam jarak yang aman, Menko Airlangga berdialog dengan pasien di Isoter, dan memberikan semangat untuk mendorong kesembuhan para pasien sekaligus menyerahkan bantuan berupa paket kebutuhan pokok secara simbolis.

"Sudah hari ke berapa isolasinya? Semoga cepat pulih biar bisa berkumpul lagi bersama keluarga," ujar Menko Airlangga.

Baca juga: Menko Airlangga Apresiasi Kinerja Pemda Tangani Pandemi Covid-19 di Luar Jawa-Bali

Disamping itu, Menko Airlangga miminta agar seluruh jajaran Pemerintah daerah bisa mengarahkan masyarakat yang terpapar Covid-19 dan melakukan Isolasi Mandiri di rumah, agar mau pindah ke fasilitas Isoter supaya mendapatkan penanganan dan perawatan yang lebih memadai.

"Kami tentu mendukung serta mendorong isolasi terapung agar pasien Covid-19 tanpa gejala tidak di rumah tetapi di kapal sebagai upaya pencegahan penyebaran," tuturnya.

Kunjungan Menko Perekonomian kali ini ke Sorong adalah untuk memastikan semua program penanganan Covid-19 dan penerapan PPKM berjalan dengan baik, serta untuk melihat dan mendengarkan langsung dari para kepala daerah beserta seluruh jajarannya tentang berbagai permasalahan di lapangan. Diketahui saat ini Kota Sorong tengah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

Selain meninjau lokasi Isolasi, Menko Airlangga bersama dengan Pemerintah Daerah (Provinsi, Kabupaten, Kota) dan bersama dengan Forkompimda, mengadakan rapat koordinasi untuk mendiskusikan langkah-langkah percepatan penanganan pandemi dan juga memastikan segala upaya yang tengah dijalankan dalam penerapan PPKM Level-3 di Sorong dapat berjalan optimal.

Turut hadir dalam acara tersebut, Gubernur Provinsi Papua Barat Dominggus Mandacan, Wali Kota Sorong Lambert Jitmau, Sesmenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, dan Daya Saing KUKM Kemenko Perekonomian Rudy Salahuddin, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito, dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Sorong Ruddy Rudolf Lakku.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved