Setu Babakan Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik di Indonesia, Ini Respons Plt Wali Kota Jaksel

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji menyambut baik terpilihnya Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan

Penulis: Annas Furqon Hakim | Editor: Wahyu Aji
TribunJakarta/Satrio Sarwo Trengginas
UPK Setu Babakan dipersiapkan Sudin Parbud Jakarta Selatan mengadakan perayaan tahun baru 2019 pada Jumat (28/12/2018) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Annas Furqon Hakim

TRIBUNJAKARTA.COM, JAGAKARSA - Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji menyambut baik terpilihnya Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan, Jagakarsa menjadi salah satu dari 50 desa wisata terbaik di Indonesia.

Menurut Isnawa, Setu Babakan merupakan ikon budaya Betawi di DKI Jakarta.

"Intinya apresisasi dan terima kasih karena Setu Babakan masuk dalam 50 desa wisata terbaik penilaian Kemenparekraf," ujar Isnawa kepada wartawan, Jumat (3/9/2021).

Mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta itu berharap kawasan Setu Babakan semakin berkembang.

Isnawa mengatakan, tidak menutup kemungkinan bakal ada terobosan yang dihadirkan di Setu Babakan.

"Kepala Dinas Kebudayaan menarik juga tadi, misalnya menawarkan ada kegiatan urban farming yang bisa dikembangkan di lahan-lahan yang belum dikerjakan," ujar dia.

"Artinya kita kerjasamakan program-program di Kementerian dengan program yang ada di Setu Babakan, sehingga bisa dimanfaatkan warga Jkarta dan warga Indonesia untuk lebih tahu budaya Betawi," tambahhya.

Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan masuk ke dalam jajaran 50 besar Desa Wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Anugerah Desa Wisata tersebut, merupakan penghargaan yang diinisiasikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang diberikan kepada desa-desa wisata di Indonesia yang memiliki keunggulan dalam kriteria-kriteria tertentu.

Penghargaan ini diberikan dengan tujuan menjadikan desa wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan memiliki daya saing yang tinggi.

Baca juga: Tingkatkan Pariwisata, Sandiaga Uno Usul Bangun Kereta Gantung di Setu Babakan

"Hari ini saya resmikan (Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan) sebagai 50 desa wisata terbaik. Ini adalah desa wisata ketujuh yang kami kunjungi dari 50 desa wisata terbaik," kata Kemenparekraf RI Sandiaga Uno di Setu Babakan, Jumat (3/8/2021).

Sandi mengatakan, 50 besar desa wisata terbaik telah dipilih berdasarkan dengan 7 kriteria penilaian.

Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan sebagai salah satu tempat wisata budaya di Jakarta, telah berhasil memenuhi 7 kriteria tersebut dengan nilai yang cukup baik.

Antara lain berbasis CHSE yaitu kebersihan atau Cleanliness, Kesehatan atau Health, Keamanan atau Safety, dan Kelestarian Lingkungan atau Environmental Sustainability, potensi dan daya tarik wisata, homestay, souvenir, desa digital, hingga toilet.

"Jadi kita mendeklarasikan Desa Wisata Perkampungan Betawi ini, sebagai simbol kebangkitan ekonomi nasional," kata Sandi.

Untuk diketahui, Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan merupakan salah satu destinasi wisata di Jakarta yang kental dengan beragam budaya Khas Betawi. 

Dengan luas sekitar 250 hektare, kawasan ini memiliki sejumlah daya tarik wisata. Mulai dari wisata budaya, wisata air, hingga wisata agro. (*)

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved