Breaking News:

Ironi Warga Bantaran Kali Cilemahabang, Tiap Hari Gunakan Air Tercemar Limbah

Warna air Kali Cilemahabang hari itu memang berwarna hijau pekat, kondisi ini menurut warga setempat dianggap jernih dibanding biasanya.

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Muhammad Zulfikar
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Aktivitas warga di bantaran Kali Cilemahabang, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi saat air kali tercemar limbah, Rabu (8/9/2021). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, CIKARANG UTARA - Warga bantaran Kali Cilemahabang, Desa Karang Asih, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi sehari-hari terbiasa menggunakan air tercemar.

Mayoritas warga yang bermukim di perkampungan tersebut tidak memiliki sumur bor, segala keperluan air bersumber dari kali.

Sepanjang bantaran kali, terdapat kayu serupa dermaga kecil yang dibuat warga di tiap rumah. Lokasi itu dijadikan tempat mencuci pakaian, piring hingga mandi.

Selain itu, banyak pula bangunan kecil berbentuk kotak yang menjorok ke kali. Bangunan itu biasa disebut jamban, fasilitas untuk buang hajat warga setempat.

TribunJakarta.com mencoba berbincang dengan salah satu warga bernama Emak Odah (65), ia merupakan warga setempat yang sudah berpuluh-puluh tahun tinggal di bantaran Kali Cilemahabang.

Saat ditemui, Emak Odah tampak sibuk mencuci pakaian. Duduk di ujung dermaga kecil sambil papan penggilasan diletakkan dekat permukaan air.

Baca juga: Pemkab Bekasi Berencana Pindahkan Semua Pasien Isoman ke Tempat Isoter

"Ada empat minggu emak enggak nyuci-nyuci, ini kebetulan air lagi 'bersih', kemarin-kemarin kan hitam bau," kata Odah saat ditemui, Rabu (8/9/2021).

Warna air Kali Cilemahabang hari itu memang berwarna hijau pekat, kondisi ini menurut warga setempat dianggap jernih dibanding biasanya.

Momen air berwarna hijau dimanfaatkan Odah untuk mencuci pakaian, sejak beberapa bulan terakhir kondisi air kali hitam pekat akibat tercemar limbah.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved