Breaking News:

Jangan Asal Buang! Ternyata Limbah Sayur dan Buah Bisa Diolah Jadi Pembersih Lantai

Anda mungkin belum tahu kalau ternyata sampah rumah tangga seperti limbah sayur dan buah bisa diolah menjadi cairan yang bermanfaat.

Penulis: Pebby Ade Liana | Editor: Muhammad Zulfikar
TribunJakarta.com/Pebby Ade Liana
Deretan pedagang buah-buahan di pinggir jalan, juga terlihat kala berada di sekitaran Jalan Raya Bogor, yang tak jauh dari lokasi Pasar Induk Kramat Jati. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Siapa di antara Tribunners yang berfikir kalau sisa-sisa buah, dan sayuran yang tidak dimasak sudah tak ada gunanya lagi untuk dimanfaatkan.

Eits tunggu dulu, Anda mungkin belum tahu kalau ternyata sampah rumah tangga seperti limbah sayur dan buah bisa diolah menjadi cairan yang bermanfaat.

Namanya adalah Eco Enzyme. Bagi yang belum tahu, Eco Enzyme merupakan cairan alami serbaguna yang dibuat dari hasil fermentasi limbah sayur dan buah-buahan.

Kepala Seksi Peran Serta Masyarakat dan Penaatan Hukum Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Timur, Latifah Hanum menjelaskan, cairan Eco Enzyme ini bisa didapatkan setelah limbah organik tersebut berfermentasi selama satu hingga tiga bulan.

Meskipun cukup lama, tapi cairan alami ini memiliki banyak sekali manfaat.

Seperti diantaranya bisa dijadikan sebagai cairan pembersih lantai alami, disinfektan alami, hingga penyubur tanaman.

"Eco Enzyme ini adalah salah satu yang sedang kita perkenalkan kepada masyarakat. Jadi sampah organik, yang memang utamanya adalah sampah sayur dan buah yang difermentasi dan hasilnya bisa dimanfaatkan untuk segala macam,"

"Misalnya, kita diajarin zaman pandemi ini untuk buat disinfektan sendiri, dicampur pakai bahan-bahan segala macam. Nah Eco Enzyme ini, dia punya kandungan seperti itu," kata Latifah, Jumat (10/9/2021).

Eco Enzyme, dibuat dari campuran limbah organik dengan gula atau molase.

Baca juga: Tak Hanya Jeruk Nipis, Catat Sederet Buah yang Bisa Dikonsumsi saat Haid

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved