Plt Wali Kota Jaksel Perintahkan Lurah dan Camat Bikin Eco Enzyme Guna Kurangi Sampah Rumah Tangga

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji meminta jajaran camat dan lurah di wilayahnya membuat eco enzyme.

Penulis: Annas Furqon Hakim | Editor: Erik Sinaga
TRIBUNJAKARTA.COM/DWI PUTRA KESUMA
Ilustrasi Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji meminta jajaran camat dan lurah di wilayahnya membuat eco enzyme. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Annas Furqon Hakim

TRIBUNJAKARTA.COM, KEBAYORAN BARU - Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji meminta jajaran camat dan lurah di wilayahnya membuat eco enzyme.

Isnawa Adji menerangkan, eco enzyme merupakan cairan hasil dari fermentasi limbah dapur organik, gula (gula coklat, gula merah atau gula tebu), dan air dengan perbandingan 3:1:10.

"Eco enzyme mempercepat reaksi bio-kimia di alam untuk menghasilkan enzim yang berguna dalam pemanfaatan sampah buah atau sayuran," kata Isnawa dalam keterangan tertulisnya, Jumat (10/9/2021).

Menurut Isnawa, masyarakat bisa secara mandiri mengurangi sampah rumah tangga dengan memanfaatkan eco enzyme.

Baca juga: Plt Wali Kota Isnawa Adji Klaim Jakarta Selatan Nihil Zona Merah, tapi Ada Warga Isoman di 700 Rumah

"Kita bisa mengurangi sampah secara mandiri, sehingga bisa meminimalisir sampah ke tempat pembuangan akhir (TPA) yang besar atau pengadaan truk sampah, karena dengan eco enzyme bisa mengurangi sampah," ujar dia.

Oleh karena itu, ia menginstruksikan seluruh kelurahan dan kecamatan untuk segera memulai gerakan tersebut.

Baca juga: Dinas Kesehatan DKI Bantah Ada Keluarga Pejabat dan Aparat Dapat Vaksin Booster

"Mulai hari ini kita mewajibkan semua kelurahan, kecamatan bikin eco enzyme. Dari tingkat kota menunggu hasilnya. Nanti kita kumpulkan mana saja produknya dari setiap kelurahan dan kecamatan. Nanti dikumpulkan akhir tahun," tutur Isnawa.

Monitoring terkait gerakan eco enzyme di kelurahan dan kecamatan bakal dilakukan setiap bulan.

Baca juga: Tempat Wisata di DKI Segera Dibuka, Pemprov Perketat Protokol Kesehatan

"Mengedukasi masyarakat itu bisa dengan cata apa saja. Terlebih adanya eco enzyme, produk ini bisa jadi buah tangan atau oleh-oleh. Kalau mereka penasaran kan bagus ada transfer ilmu. Makanya kita buat terobosan, syukur-syukur menjadi pioner di wilayah untuk membuat eco enzyme secara mandiri," pungkas Isnawa.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved