Tingkatkan Kualitas Masyarakat Desa dari Sektor Pendidikan, UBK dan Parade Nusantara Berkolaborasi

Universitas Bung Karno (UBK) ingin meningkatkan kualitas masyarakat desa dari sektor pendidikan.

Penulis: Muhammad Rizki Hidayat | Editor: Wahyu Aji
TRIBUNJAKARTA.COM/MUHAMMAD RIZKI HIDAYAT
Rektor UBK, Didik Suharyanto (kiri) menandatangai MoU dengan Ketua Umum Parade Nusantara, Sudir Santoso (dasi merah), di Yayasan Bung Karno, Jalan Cikini Raya, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (10/9/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Muhammad Rizki Hidayat

TRIBUNJAKARTA.COM, MENTENG - Universitas Bung Karno (UBK) ingin meningkatkan kualitas masyarakat desa dari sektor pendidikan.

Karena itu, UBK pun berkolaborasi dengan Persatuan Rakyat Desa (Parade) Nusantara.

Bentuk kerja sama tersebut dikukuhkan dalam nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani Rektor UBK, Didik Suharyanto dan Ketua Umum Parade Nusantara Sudir Santoso.

Penandatanganan ini disaksikan langsung Ketua Yayasan UBK, M Mahendra Putra, di aula pertemuan kampus UBK, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (10/9/2021).

Kolaborasi antara UBK dengan Parade Nusantara ini mencakup bidang pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kualitas sumber daya aparatur desa.

"Baik dalam bidang penelitian akademi dan pengembangan masyarakat, hingga pengabdian dan pendampingan masyarakat dengan melibatkan seluruh komponen kampus UBK maupun di desa itu sendiri," kata Didik Suharyanto, di lokasi.

Selain itu, Mahendra Putra juga mengapresiasi kolaborasi tersebut.

Sebab, dia menilai sumbangsih UBK pada bangsa sesuai dengan Tridharma Perguruan Tinggi UBK.

"Saya sangat menyambut baik atas terjalinnya kerjasama ini. Besar harapan saya terhadap kerjasama ini agar membangun Indonesia lebih tepat sasaran," kata dia, pada kesempatan yang sama.

"Terlebih dalam pembukaan UUD (Undang-Undang Dasar) 45 termaktub sebuah amanah yaitu mencerdaskan kehidupan berbangsa," lanjut Mahendra, yang merupakan putra kedua almarhumah Rachmawati Soekarno Putri ini.

Dia menegaskan, UBK dan Yayasan Pendidikan Soekarno senantiasa berkomitmen mengajarkan ajaran-ajaran Bung Karno.

Satu di antaranya, mengenai ide dan gagasan nasional pendirian bangsa Indonesia.

"Karena menurut cita-cita pendiri bangsa, dari desa muncul semua ide dan gagasan nasional yang mendasari pendirian bangsa," ucapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved