Breaking News:

PTGMI Peringati HUT ke-25, Momentum Terus Menunjukkan Kepedulian Terhadap Masyarakat saat Pandemi

Peringatan Ulang Tahun yang ke-25 ini PTGMI mengangkat tema “TGM Peduli, TGM Berbakti”

Editor: Muhammad Zulfikar
Istimewa
Peringatan Ulang Tahun yang ke-25 ini PTGMI mengangkat tema “TGM Peduli, TGM Berbakti” 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Dua puluh lima tahun yang lalu, pada tanggal 13 September 1996 di Ciloto, Cianjur, Jawa Barat, Kementerian Kesehatan yang saat itu masih bernama Departemen Kesehatan memfasilitasi pertemuan para perawat gigi utusan dari berbagai propinsi untuk membentuk sebuah organisasi profesi bernama Persatuan Perawat Gigi Indonesia yang disingkat menjadi PPGI.

Sebelumnya para perawat gigi tergabung dalam organisasi gabungan perawat gigi dan tekniker gigi yang bertajuk Ikatan Perawat dan Tekniker Gigi Indonesia (IPTGI).

Dengan pertimbangan bahwa kompetensi dan kewenangan perawat gigi dan tekniker gigi yang berbeda, maka diputuskan kedua tenaga Kesehatan tersebut harus memiliki organisasi profesi masing-masing, sehingga pada momen pertemuan tersebut lahirlah PPGI.

Seiring berjalannya waktu, kebijakan Pemerintah melalui Undang Undang Nomor 36 Tahun 2014 mengubah tenaga Kesehatan perawat gigi menjadi terapis gigi dan mulut, hal ini mengacu kepada nomenklatur internasional tenaga dental therapist atau oral health therapist yang tercantum dalam International Standard Classification of Occupations (ISCO) yang diterbitkan oleh International Labour Organization (ILO).

Berdasarkan kebijakan tersebut, pada tahun 2017, bertepatan dengan penyelenggaraan MUNAS VII PPGI di Padang Sumatera Barat, seluruh perwakilan anggota yang hadir menyepakati bahwa PPGI berganti nama menjadi Persatuan Terapis Gigi dan Mulut (PTGMI) sebagai kelanjutan tak terputus dari organisasi asal yakni PPGI, oleh karenanya sejak saat itu PTGMI kemudian mengambil tongkat estafet organisasi profesi tempat bernaungnya para perawat gigi atau terapis gigi dan mulut dalam pengabdiannya untuk kesehatan gigi dan mulut bangsa Indonesia.

Saat ini Anggota PTGMI tercatat 21.809 orang yang tersebar di 34 provinsi dan bekerja di fasilitas pelayanan Kesehatan di berbagai tingkatan dari Puskesmas sampai Rumah Sakit Rujukan.

Baca juga: Agar Gigi Sehat dan Bersih, Perhatikan Hal Ini Sebelum Menyikat Gigi

Selama ini Terapis Gigi dan Mulut mengabdikan diri untuk masyarakat melalui pelayanan pencegahan penyakit gigi dan mulut (preventif), peningkatan Kesehatan gigi dan mulut (promotive) serta perawatan gigi (kuratif) terbatas di fasilitas pelayanan Kesehatan melalui asuhan Kesehatan gigi dan mulut baik kepada pasien perorangan maupun kelompok/ masyarakat.

Ketua Umum PTGMI Epi Nopiah, mengatakan peringatan Ulang Tahun yang ke-25 ini PTGMI mengangkat tema “TGM Peduli, TGM Berbakti”, dengan harapan bahwa peringatan HUT ini dapat dijadikan momentum oleh semua anggota profesi terapis gigi dan mulut untuk terus menunjukkan kepeduliannya terhadap kondisi masyarakat, khususnya di tengah-tengah pandemic Covid-19.

"Terapis Gigi dan Mulut akan terus menunjukan keteladanan serta menjadi garda terdepan penggerak masyarakat untuk menerapkan Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS), upaya-upaya pemeliharaan Kesehatan gigi dan mulut serta upaya pencegahan penularan virus Covid-19," kata Epi dalam keterangannya, Minggu (12/9/2021).

Dikarenakan situasi Pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir ini, peringatan HUT PTGMI ke-25 diselenggarakan secara sederhana melalui upacara sederhana secara virtual dan juga ditayangkan langsung di kanal Youtube DPP PTGMI.

"Peringatan HUT ke-25 PTGMI diawali dengan tayangan video refleksi perjalanan organisasi kemudian dilanjutkan dengan do’a bersama untuk meminta pertolongan dan perlindungan Tuhan Yang Maha Esa kepada profesi terapis gigi dan mulut dan juga seluruh bangsa Indonesia dan warga dunia, agar pandemic segera dapat teratasi, dan masyarakat bisa mencapai derajat Kesehatan yang optimal," tutur Epi.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved