Breaking News:

Geger Balita di Tegal Suka Makan Tanah dan Pecahan Tembok, Tampak Gemuk, Begini Kejadian Awalnya

"Saat itu main sendiri di dalam rumah dan saya tinggal memasak. Saat saya lihat dia sedang makan tanah dari pecahan tembok," ucapnya.

Penulis: Abdul Qodir | Editor: Yogi Jakarta
Kompas.com/Tresno Setiadi
VF (3) balita yang memiliki kegemaran makan tanah di kediamannya di Kelurahan Debong Lor, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (11/9/2021). 

TRIBUNJAKARTA.COM - VF, usia tiga tahun, anak pasangan Carmo (50) dan Umrotun Khasanah (40) yang tinggal di di RT 03 RW I Kelurahan Debonglor, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah, bikin geger. 

Lebih kurang selama setahun terakhir, bocah yang masih kategori balita itu memiliki kebiasaan tidak lazim, yakni suka makan tanah dan pecahan tembok.

Kebiasaan VF tersebut bermula ketika berumur dua tahun. Dan setelah diperiksa tim kesehatan, balita tersebut dalam kondisi sehat dan tubuhnya gemuk.

Dinas Kesehatan Kota Tegal bersama Puskesmas Debonglor, mendatangi kediaman balita yang doyan makan tanah dan serpihan pasir dari tembok pada Senin (13/9/2021).

Baca juga: Viral Video Balita Kegirangan Ziarah Makam Ibunya, Peluk dan Cium Nisan: Aku Doain Mama Masuk Surga

Kepala Puskesmas Debonglor, dr Fikrie El Mujahid menjelaskan, kebiasaan makan tidak wajar yang dialami balita VF tersebut bernama Pica.

Gangguan makan terhadap makanan yang bukan makanan atau tidak memiliki nilai gizi.

Penyebabnya bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, misalkan karena tidak ada pilihan makanan atau karena ada keterbatasan mental.

"Bisa jadi karena tidak ada pilihan makanan yang tersedia. Karena usia tersebut, fase-fase oralnya masih tinggi. Apa saja inginnya dimakan," jelas Fikrie kepada tribunjateng.com.

Baca juga: Punya Kebiasaan Membasahi Bibir Dengan Lidah? Sebaiknya Anda Ketahui Hal Ini

Fikrie mengatakan, kondisi balita tersebut secara umum dilihat dari kasatmata, nampak normal.

Postur tubuhnya normal, begitu juga dengan aktivitas gerakan motoriknya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved