Breaking News:

Peringati Hari Jadi ke-5, ProSehat Gelar Seminar Virtual Basmi Hoaks Covid-19

Seseorang bisa mencari tahu terlebih dahulu kebenaran suatu berita sebelum mempercayai dan membagikan informasi tersebut kepada orang lain.

Editor: Muhammad Zulfikar
Istimewa
ProSehat Gelar Seminar Virtual Basmi Hoaks Covid-19 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Dalam rangka merayakan hari jadinya yang ke-5, ProSehat sebagai startup healthtech yang fokus pada layanan kesehatan virtual menyelenggarakan webinar bertajuk Basmi Hoaks Covid-19, Kamis (9/9/2021).

Kegiatan yang berlangsung daring ini menghadirkan narasumber Donny Budi Utoyo selaku tenaga ahli Menkominfo Bidang Tata Kelola dan Budaya Digital dan dr Agnes selaku Co-Founder dan Direktur ProSehat. Juga hadir memberi sambutan dr G Bimantoro selaku Founder ProSehat.

Ada beberapa topik yang dibahas dalam webinar ini yang bisa ditonton ulang melalui Link YouTube Live Basmi Hoax COVID-19, Yuk #MerdekaDariPandemi! Antara lain definisi hoaks, mengapa seseorang bisa percaya hoaks, dan bagaimana mengidentifikasi sebuah berita adalah hoaks.

“Seseorang akan cenderung percaya hoaks jika suatu berita dibuat dengan narasi mendapatkan pahala jika disebarkan, merasa suatu berita sesuai dengan keyakinan yang dianut, serta karena suatu berita ditemukan berulang-ulang di WA dan media sosial,” ujar Donny yang menjadi pembicara kunci di webinar tersebut.

Untuk menangani berita hoaks ini, kata Donny sebetulnya mudah. Seseorang bisa mencari tahu terlebih dahulu kebenaran suatu berita sebelum mempercayai dan membagikan informasi tersebut kepada orang lain.

Pengecekan akurat mengenai kebenaran suatu berita bisa dilakukan dengan mengakses laman web s.id/cekhoaks. Jika suatu berita telah dinyatakan “SALAH” atau hoaks, kata Donny tidak perlu lagi menyebarkan berita tersebut.

“Berita hoaks cukup dilawan dengan tidak menyebarkannya,” tegas Donny. Akan tetapi jika informasi kesehatan yang hendak dikonfirmasi kebenarannya belum terverifikasi, Donny menyarankan untuk menghubungi Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) melalui email kpcpen@covid19.go.id agar diverifikasi oleh tim KPCPEN.

Sementara itu dr G. Bimantoro selaku Founder ProSehat mengatakan webinar yang merupakan perayaan ulang tahun ProSehat ke-5 kali ini mendapat apresiasi sejumlah pihak yang memberikan ucapan selamatnya secara daring dan rekaman video dari berbagai Kementerian, Asosiasi, Akademisi dan dunia usaha.

Antara lain dr Oscar Primadi MPH dari Kementerian Kesehatan, Direktur Ekonomi Digital Kominfo I Nyoman Adhiarna, Ketua Forum Komunikasi IT Kesehatan dr Daryo Soemitro SpBS, Ketua Aliansi Telemedika Indonesia Prof dr Purnawan Junadi MPH, Ketua Divisi E-Health FK-KMK UGM Anis Fuad, Ketua Asosiasi Modal Ventura dan Startup Indonesia Jefri Sirait, Kiwi Aliwarga dari UMG Idealab dan CEO Widya Imersif Teknologi Raymond Wolff.

Baca juga: Bandara Soekarno-Hatta Waspadai Covid-19 Varian Mu Masuk ke Indonesia

Menurut dr G Bimantoro, ProSehat sejak berdiri pada 2016 terus berupaya bersinergi dengan pemerintah. Apalagi dalam upaya penanganan pandemi Covid-19, termasuk menangkal hoaks terkait isu kesehatan Covid-19 dengan memberikan telekonsultasi dokter yang mudah diakses dari webchat maupun WhatsApp ProSehat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved