Breaking News:

Lapas Tangerang Terbakar

Polisi: Dugaan Asal Api Kebakaran Lapas Tangerang dari Sel Nomor 4

Api yang menyebabkan kebakaran Blok C2, Lapas Kelas 1 Tangerang, diduga berasal dari dalam satu sel warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Penulis: Bima Putra | Editor: Erik Sinaga
TribunJakarta/Bima Putra
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat memberi keterangan terkait penyidikan kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (13/9/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Asal api yang menyebabkan kebakaran Blok C2, Lapas Kelas 1 Tangerang, Provinsi Banten pada Rabu (8/9/2021) diduga berasal dari dalam satu sel warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan dugaan tersebut berdasar hasil penyidikan sementara dari jajaran Pusat Labolatorium Forensik (Puslabfor) Polri.

"Di salah satu sel yang ada di Blok C2, itu dugaannya. Di sel nomor 4, ada dugaan di sana. Tapi kan harus dibuktikan dengan pengujian laboratorium," kata Yusri di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (13/9/2021).

Lalu, berdasar penyidikan sementara jajaran Ditkrimum Polda Metro Jaya ditemukan unsur tindak pidana kelpaan dan kelalaian sebagaimana diatur dalam Pasal 188 juncto 359 KUHP.

Baca juga: Narapidana Jenazah WNA Portugal Korban Kebakaran Lapas Tangerang Bakal Dikremasi

Hari ini, penyidik Ditkrimum Polda Metro menjadwalkan pemeriksaan 25 saksi guna mengungkap pemicu kebakaran mengakibatkan 46 narapidana tewas dan puluhan lainnya luka.

Hasil pemeriksaan saksi dilakukan penyidik Ditkrimum Polda Metro Jaya dan pemeriksaan lokasi kejadian dari Puslabfor Polri nantinya bakal digunakan untuk menetapkan tersangka.

Suasana Lapas Kelas I Tangerang, Banten pasca-terbakar pada Rabu (8/9/2021) dini hari. Kebakaran hebat dalam dua jam itu mengakibatkan 45 orang narapidana tewas.
Suasana Lapas Kelas I Tangerang, Banten pasca-terbakar pada Rabu (8/9/2021) dini hari. Kebakaran hebat dalam dua jam itu mengakibatkan 45 orang narapidana tewas. (ist)

"Nanti yang berhak untuk menyampaikan darimana asalnya, apa penyebabnya adalah ahlinya, dalam hal ini dari Puslabfor," ujarnya.

Baca juga: 8 Jenazah Korban Kebakaran Lapas Tangerang Teridentifikasi, Di Antaranya WNA Portugal

Yusri menuturkan jajaran Puslabfor Polri dan penyidik Ditkrimum Polda Metro Jaya juga sudah mengamankan sejumlah barang bukti terkait kebakaran di Blok C2 terjadi sekira pukul 01.50 WIB.

Sementara saksi yang diperiksa hari ini di antaranya 12 pegawai Lapas Kelas 1 Tangerang, tiga pegawai PLN, dan tiga pegawai Damkar yang bertugas melakukan penanganan saat kejadian.

Baca juga: Kasus Kebakaran Lapas Tangerang, Polisi Periksa Petugas Piket, PLN, dan Damkar

"Setelahnya baru kita akan gelar perkara lagi menentukan siapa tersangka di sini, siapa yang alpa atau lalai sesuai pasal 188 KUHP juncto 359 KUHP, kelalaiannya seperti apa," tuturnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved