Breaking News:

Jangan Salah, Cek 4 Tahapan Pengerjaan Asesmen Nasional dan Bentuk Soal

Asesmen Nasional (AN) akan diselenggarakan sebentar lagi, untuk itu kamu perlu mengetahui empat tahapan pengerjaannya dan bentuk soal.

Editor: Kurniawati Hasjanah
Freepik
Asesmen Nasional (AN) akan diselenggarakan sebentar lagi, untuk itu kamu perlu mengetahui empat tahapan pengerjaannya dan bentuk soal. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Asesmen Nasional (AN) akan diselenggarakan sebentar lagi, untuk itu kamu perlu mengetahui empat tahapan pengerjaannya dan bentuk soal.

Direktur Sekolah Dasar Ditjen Pauddikdasmen Kemendikbudristek, Sri Wahyuningsih memaparkan, keberadaan Asesmen Nasional (AN) dimaknai beragam, terutama oleh para orang tua. 

"Di sini, kita akan menyampaikan upaya-upaya apa yang perlu dilakukan sekolah di bawah koordinasi dinas pendidikan, untuk mengoptimalkan peralatan TIK yang dapat menunjang pelaksanaan AN,” tegas Ning dalam keterangannya dilansir pada Rabu (15/9).

Ning menyatakan, masih ada orang tua yang menganggap AN merupakan pengganti ujian nasional.

Kemudian, masih ada juga sekolah yang berpikir untuk hendak memberikan pelajaran tambahan kepada para peserta didik untuk mendapatkan hasil AN yang baik.

SMKS 17 Agustus 1945 2 Jakarta adalah salah satu sekolah yang sudah menggelar tatap muka secara terbatas pada Senin 30 Agustus 2021 hari ini.
SMKS 17 Agustus 1945 2 Jakarta adalah salah satu sekolah yang sudah menggelar tatap muka secara terbatas pada Senin 30 Agustus 2021 hari ini. (TribunJakarta.com/Pebby Ade Liana)

Ning menilai, dalam prosedur operasional standar implementasi AN semuanya sudah dijelaskan secara teknis, yakni AN bukanlah ujian.

AN, aku Ning, dilakukan sebagai dasar untuk mendapatkan informasi konkret terhadap kualitas pendidikan, baik di level sekolah maupun kabupaten, kota, dan provinsi.

Baca juga: Jangan Salah! Ini Beda Asesmen Nasional dan UN, Catat Juga Jadwal dan Materi ATM untuk SD, SMP, SMA

“Dengan AN, kita dapat mempersiapkan perencanaan pendidikan yang lebih baik berdasarkan hasil yang didapatkan nanti. Baik sekolah, pemda, maupun pemerintah pusat, bersinergi mendorong percepatan kualitas SDM unggul di masa yang akan datang melalui AN,” papar Ning.

Dilansir dari laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, simak tahapan pengerjaan di bawah ini:

1. Laman login

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved