Breaking News:

BPJS Kesehatan Jakarta Selatan Komitmen Tingkatkan Pelayanan Lewat Care Center 165

BPJS Kesehatan telah meluncurkan beberapa inovasi sebagai upaya peningkatan kualitas layanan.

Penulis: Annas Furqon Hakim | Editor: Wahyu Aji
TRIBUN BATAM/ARGIANTO DA NUGROHO
ILUSTRASI BPJS Kesehatan 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Annas Furqon Hakim

TRIBUNJAKARTA.COM, PANCORAN - BPJS Kesehatan telah meluncurkan beberapa inovasi sebagai upaya peningkatan kualitas layanan Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) pada 13 September 2021 lalu.

Adapun beberapa inovasi tersebut adalah nomor layanan Care Center 165, simplifikasi rujukan thalasemia mayor dan hemofilia serta portal web Jurnal JKN. Peluncuran tersebut diresmikan serentak oleh Direktur Utama BPJS Kesehatan.

Sebagai tindak lanjut dan upaya penyebarluasan informasi tentang inovasi-inovasi yang sudah diluncurkan sebelumnya, BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan berkomitmen untuk menyampaikan keterbaruan informasi seputar Program JKN-KIS tersebut.

Terutama, terkait perubahan nomor layanan dari BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 menjadi BPJS Kesehatan Care Center 165.

Hal itu disampaikan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan Diah Sofiawati kepada awak media di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan.

"Perubahan nomor layanan menjadi BPJS Kesehatan Care Center 165 ini diharapkan lebih mempermudah peserta untuk mengingat nomornya," kata Diah.

Ia menjelaskan, terdapat beberapa layanan yang tersedia melalui BPJS Kesehatan Care Center 165.

Layanan tersebut meliputi penambahan anggota keluarga Pekerja Penerima Upah (PPU) Penyelenggara Negara dan swasta, Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) serta Bukan Pekerja (BP), pendaftaran bayi baru lahir non Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan, peralihan segmen peserta ke PBPU dan perubahan data.

"Di samping itu, peserta JKN-KIS juga bisa melakukan konsultasi kesehatan dengan dokter umum melalui pelayanan Tanya Dokter yang tersedia di BPJS Kesehatan Care Center," ujar dia.

Ia menambahkan, pasien thalassemia mayor dan hemofila cukup memperpanjang surat rujukan di rumah sakit.

Mekanisme simplifikasi rujukan thalasemia mayor dan hemofilia itu sendiri akan mulai dijalankan secepatnya pada bulan September 2021 di seluruh rumah sakit mitra BPJS Kesehatan.

Di sisi lain, Diah juga menyampaikan informasi terkait peluncuran Jurnal JKN sebagai sarana sharing pengetahuan terkait program JKN-KIS melalui publikasi jurnal ilmiah dari berbagai pihak yang telah dilakukan, baik secara nasional maupun internasional dalam bentuk digital.

"Bagi masyarakat yang ingin berkontribusi menyampaikan karya ilmiahnya terkait dengan Program JKN-KIS dapat melakukan registrasi di laman https://jurnal-jkn.bpjs-kesehatan.go.id/index.php/jjkn," pungkas Diah.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved