Breaking News:

Wamentan Kedepankan Kunker Bersifat Solutif, Bukan Seremonial

Upaya memberi solusi dalam kunjungan kerjanya itu, langsung dibuktikan Wamentan saat berdiskusi langsung dengan sejumlah petani

Istimewa
Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) RI, Harvick Hasnul Qolbi 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) RI, Harvick Hasnul Qolbi berjanji rangkaian kunjungan kerja (kunker)-nya ke berbagai daerah, tak akan bersifat seremonial.

Namun benar-benar guna menyerap informasi langsung dari lapangan, dan untuk memberi solusi nyata dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Penegasan ini disampaikan Wamentan RI saat mengunjungi Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (BALITTRI) di Parungkuda, Kab. Sukabumi, Jawa Barat. Kehadiran "orang nomor dua" di Kementan ini disambut Kepala Pusat Balitbang Perkebunan Ir. Syafaruddin.

Upaya memberi solusi dalam kunjungan kerjanya itu, langsung dibuktikan Wamentan saat berdiskusi langsung dengan sejumlah petani dari Jawa Barat. Seperti yang dirasakan petani muda Robin Nur Iskandar (25 tahun), asal Cikidang, Sukabumi.

Petani milenial yang bergerak di bidang budidaya jamur ini, mengeluh kepada Wamentan soal kesulitannya dalam upaya perluasan lahan pertanian jamur di daerahnya.

Menurut Robin, saat dirinya curhat langsung kepada Bupati Sukabumi tentang niatnya mengembangkan budidaya jamur dengan ingin memanfaatkan lahan Perhutani, ia justru diminta bernegosiasi sendiri dengan pihak Perhutani.

"Jadi saya berharap Pak Wamen, bisa membantu kami untuk dapat memanfaatkan lahan Perhutani itu," harapnya.

Mendengar keluhan itu, Wamentan Harvick Hasnul Qolbi berjanji akan segera berbicara dengan Bupati Sukabumi. Ia akan meminta Bupati setempat agar segera membantu Robin, dalam menegosiasikan keinginannya dengan pihak Perhutani di wilayah Sukabumi.

"Saya akan bantu rencana penggunaan lahan Perhutani. Tetapi masing-masing kabupaten punya peraturan daerahnya sendiri, jadi saya tetap harus berbicara dahulu dengan Pak Bupati, tidak bisa bypass," ujar Wamentan dalam keterangannya, Kamis (16/9/2021).

Baca juga: Hadiri Panen Padi di Sambas, Wamentan: Presiden Punya Semangat Indonesia Sentris

Dalam kesempatan itu, Wamentan juga langsung memberikan secara gratis Bibit Kelapa bersertifikat dari BALITTRI kepada
Akbar, petani asal Kabupaten Subang, Jawa Barat. Sebelumnya, Akbar mengeluh kepada Wamen, tentang proposal permintaan bibitnya ke Balitbang Perkebunan di Bogor, yang belum ditanggapi, padahal sudah cukup lama diajukan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved