Breaking News:

Mengenal Lebih Dekat Stasiun Jakarta Kota, Peninggalan Pemerintahan Hindia Belanda

Stasiun yang terletak di Kelurahan Pinangsia Kawasan Kota Tua Jakarta Barat ini, memiliki perjalanan sejarah yang cukup panjang.

Penulis: Pebby Ade Liana | Editor: Muhammad Zulfikar
TribunJakarta.com/Pebby Ade Liana
Stasiun Jakarta Kota, bangunan peninggalan Pemerintahan Hindia Belanda yang masih beroperasi. Potret suasana Stasiun Jakarta Kota, Sabtu (18/9/2021). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Warga Jakarta pasti tak asing dengan Stasiun Jakarta Kota.

Stasiun yang terletak di Kelurahan Pinangsia Kawasan Kota Tua Jakarta Barat ini, memiliki perjalanan sejarah yang cukup panjang.

Jika Anda ingin melihat lebih dekat jejak peninggalan sejarah di masa lampau, Stasiun Jakarta Kota bisa menjadi salah satunya.

Dikutip dari akun instagram resmi Dinas Kebudayaan Pemprov DKI Jakarta @disbuddki, stasiun Jakarta Kota ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya berdasarkan Surat Keputusan Gubernur nomor 475 tahun 1993.

Dahulu, gedung ini dibangun pada masa pemerintahan Hindia Belanda

"Di masa itu, Batavia memegang peranan yang sangat penting. Hingga pemerintah merasa perlu mengembangkan jalur kereta api untuk menghubungkan Batavia dengan kota-kota di sekitarnya seperti Bekassie (Bekasi), Buitenzorg (Bogor), Parijs van Java (Bandung), Karavam (Karawang), dan lain-lain," tulis Dinas Kebudayaan seperti dikutip TribunJakarta.com, Sabtu (18/9/2021).

Baca juga: Kabar Bahagia, Masyarakat Bisa Berolahraga di Kawasan Kota Tua, Satpol PP Beri Penjagaan Ketat

Berdasarkan sejarahnya, Stasiun Jakarta Kota dahulu juga dikenal dengan nama Stasiun Beos.

Nama tersebut, merupakan kependekan dari Bataviasche Ooster Spoorweg Maatschappij yang artinya adalah Maskapai Angkutan Kereta Api Batavia Timur.

Dikutip dari laman heritage.kai.id, nama lain untuk Stasiun Jakarta Kota ini adalah Batavia Zuid yang artinya Stasiun Batavia Selatan.

Stasiun Jakarta Kota, bangunan peninggalan Pemerintahan Hindia Belanda yang masih beroperasi. Potret suasana Stasiun Jakarta Kota, Sabtu (18/9/2021).
Stasiun Jakarta Kota, bangunan peninggalan Pemerintahan Hindia Belanda yang masih beroperasi. Potret suasana Stasiun Jakarta Kota, Sabtu (18/9/2021). (TribunJakarta.com/Pebby Ade Liana)
Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved