Breaking News:

Formula E

Survei: Elektabilitas Tinggi Parpol Pengusul Interpelasi di Ibukota

Dua parpol yang mengusulkan interpelasi mendapatkan dukungan publik dengan tingginya elektabilitas.

Editor: Wahyu Aji
TRIBUNJAKARTA.COM/DIONSIUS ARYA BIMA SUCI
Sejumlah anggota Fraksi PDIP dan PSI saat akan mengajukan usulan hak interpelasi terhadap Gubernur Anies Baswedan, Kamis (26/8/2021).  

TRIBUNJAKARTA.COM - Polemik rencana interpelasi terkait Formula E memberi dampak elektoral bagi sejumlah partai politik yang memiliki kursi di DPRD DKI Jakarta.

Dua parpol yang mengusulkan interpelasi mendapatkan dukungan publik dengan tingginya elektabilitas.

Temuan survei yang dilakukan Jakarta Research Center (JRC) menunjukkan elektabilitas PDI Perjuangan dan Partai Solidaritas Indonesia tertinggi, di mana PDIP unggul sebesar 23,0 persen dan PSI 17,6 persen.

“Partai-partai politik yang mengusulkan interpelasi Formula E menguasai peta elektoral di ibukota,” kata Direktur Komunikasi JRC Alfian P, Sabtu (18/9/2021).

Menurutnya, jika digabungkan, elektabilitas kedua parpol mencapai lebih dari 40 persen.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ditengarai berusaha membendung rencana interpelasi dengan mengumpulkan pimpinan parpol-parpol selain PDIP dan PSI.

Sebaliknya, pimpinan fraksi PDIP dan PSI masih harus menggalang dukungan untuk meloloskan interpelasi di paripurna DPRD.

Kedua parpol juga diketahui selama ini bersikap kritis terhadap kebijakan yang diambil Anies di ibukota.

Parpol-parpol selain PDIP dan PSI sebetulnya juga tergabung dalam koalisi di tingkat pusat, tetapi peta politik bisa berbeda di daerah.

Anies mendapat dukungan kuat dari Gerindra, di mana posisi wakil gubernur diduduki oleh Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved