Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Anak Usia di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal di Jakarta, Ini Kata Asosiasi Pusat Belanja

APPBI menyambut baik keputusan Pemerintah dalam memberikan kelonggaran terhadap operasional mal

Penulis: Pebby Ade Liana | Editor: Erik Sinaga
TribunJakarta/Dwi Putra Kesuma
Ilustrasi APPBI menyambut baik keputusan Pemerintah dalam memberikan kelonggaran terhadap operasional mal 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM- Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menyambut baik keputusan Pemerintah dalam memberikan kelonggaran terhadap operasional mal pada perpanjangan PPKM Jawa-Bali kali ini.

Diketahui, pada perpanjangan PPKM kali ini, Pemerintah mulai melakukan ujicoba mengizinkan anak di bawah usia 12 tahun masuk mal di beberapa daerah.

Diantaranya Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.

"Pusat Perbelanjaan menyambut baik setiap pelonggaran yang diberikan oleh pemerintah meski dilakukan secara hati-hati, bertahap dan terbatas. Pelonggaran tersebut sangat diperlukan oleh Pusat Perbelanjaan untuk bisa menggerakkan perekonomian," kata Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjaja saat dikonfirmasi, Selasa (21/9/2021).

Baca juga: Luhut: PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Sampai 4 Oktober, Pintu Masuk WNA Dibuka dengan Karantina Ketat

Alphonzus menyebut, pelonggaran ini sebenarnya sangat diperlukan oleh para pengusaha dalam menggerakan perekonomiannya. Khususnya, dalam meningkatkan kembali jumlah kunjungan ke mal.

Saat ini, kata Alphonzus kondisi di dalam area pusat perbelanjaan diklaim sudah jauh lebih aman.

Anak-anak memeluk orangtuanya saat divaksin Covid-19 di Sentra Vaksin Anak Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Sabtu (24/7/2021).
Anak-anak memeluk orangtuanya saat divaksin Covid-19 di Sentra Vaksin Anak Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Sabtu (24/7/2021). (TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino)

Hal ini dikarenakan diberlakukannya protokol wajib vaksinasi untuk masuk ke area mal. Dimana dalam pemeriksaannya, setiap pengunjung dilakukan screening melalui aplikasi PeduliLindungi.

"Sehingga sebenarnya dapat diberikan berbagai pelonggaran berikutnya untuk Pusat Perbelanjaan," katanya.

Baca juga: Cerita Pengalamannya Disuntik Dosis 2 Vaksin Covid-19, Anies: Sekarang Lebih Aman Kalau Ketemu Orang

Dalam pelaksanaannya, anak usia kurang dari 12 tahun mulai hari ini sudah diperbolehkan untuk memasuki Pusat Perbelanjaan yang berada di lima wilayah tersebut.

Akan tetapi, perlu diingat. Alphonzus mengatakan bahwa anak usia di bawah 12 tahun harus selalu dalam pengawasan dan pendampingan orang dewasa yang lolos screening protokol kesehatan dan protokol wajib vaksinasi melalui aplikasi PeduliLindungi selama berada di area mal.

Dengan adanya kelonggaran ini, ia berharap tingkat kunjungan masyarakat ke pusat perbelanjaan bisa naik setidaknya hingga 10%.

Baca juga: Dalam Sepekan, 61 Kafe dan Restoran di Jakarta Selatan Langgar PPKM

"Diharapkan juga dalam waktu tidak terlalu lama, usia kurang dari 12 tahun dapat memasuki semua Pusat Perbelanjaan yang berada di wilayah lain selain DKI Jakarta, Bandung, Semarang, DI Yogyakarta dan Surabaya," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved